14 dari 19 Desa di Kabupaten Malang Gelar Pilkades PAW, DPMD: Yang Belum Diupayakan Mei

Mar 31, 2022 22:28
Gelaran Pilkades di salah satu desa di Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).
Gelaran Pilkades di salah satu desa di Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (Pilkades PAW) pada Kamis (31/3/2022) berjalan cukup lancar. Totalnya ada sebanyak 14 desa di Kabupaten Malang yang menggelar Pilkades PAW ini.

Sedangkan sebelumnya, sebenarnya direncanakan ada sebanyak 19 desa yang dijadwalkan menggelar Pilkades PAW. Sementara sisanya terpaksa harus diundur karena beberapa alasan. Salah satunya, karena masih belum ada calon kepala desa (cakades). 

"Alhamdulillah 14 desa sudah selesai dengan aman, lancar, dan kondusif. Untuk yang belum akan diupayakan bulan Mei," ujar Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah. 

Secara umum, Nurman mengatakan bahwa pelaksanan Pilkades PAW kali ini berjalan cukup lancar. Meskipun sebenarnya sempat diwanti-wanti karena ada desa yang dirasa cukup rawan terjadi konflik. 

Nurman merinci, 14 desa yang menggelar Pilkades PAW tersebut yakni Desa Rejoyoso di Kecamatan Bantur, Desa Pagelaran dan Desa Brongkal di Kecamatan Pagelaran, Desa Klampok di Kecamatan Singosari, Desa Mangliawan, Pakiskembar dan Sumberkradenan di Kecamatan Pakis.

Lalu, Desa Jedong di Kecamatan Wagir, Desa Jatisari dan Desa Pakisaji Kecamatan Pakisaji. Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung. Desa Tlogorejo di Kecamatan Pagak, Desa Patokpicis di Kecamatan Wajak, serta Desa Tlogosari di Kecamatan Tirtoyudo.

Sesuai prosedur, hasil akan dilaporkan ke BPD kemudian ke camat dan bupati. Sementara untuk pelantikan rencananya dilakukan akhir April atau awal Mei mendatang.

"Sementara untuk pelantikan menunggu desa yang belum atau tidak akan dipertimbangkan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pilkades PAWdesa pucanganPemkab Malangpilkades Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru