DLH Kota Malang Miliki Rencana Besar di Tahun Ini, Apa Itu?

Mar 31, 2022 19:49
Taman Bunga Merjosari (foto: dok JatimTIMES)
Taman Bunga Merjosari (foto: dok JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemkot Malang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) fokus terhadap penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Tahun 2022, ada tiga agenda besar guna memenuhi kebutuhan RTH di Kota Malang.

Sebelumnya, di tahun 2021 lalu ada satu agenda besar dalam memenuhi kebutuhan RTH Kota Malang, yakni pembangunan Taman Bunga Merjosari.

Taman yang menelan anggaran kurang lebih Rp 3,9 miliar tersebut, kini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Malang. Banyak fasilitas yang dapat dinikmati masyarakat Kota Malang maupun wisatawan di sana. Seperti hanya untuk sekadar duduk-duduk, menikmati bunga-bunga yang mulai mekar, hingga jogging track.

Namun, Taman Bunga Merjosari tersebut saat ini masih dalam tahap penyempurnaan yang ditangguhkan kepada pihak kontraktor atau pengembang.

Jangka waktu yang diberi untuk penyempurnaan, yakni 6 bulan dari masa pembukaan atau peresmian Taman Bunga Merjosari.

Kepala DLH Kota Malang, Wahyu Setianto menjelaskan bahwa pihak pengembang saat ini masih bertanggung jawab jika ada kerusakan yang terjadi di Taman Bunga Merjosari. Oleh karena itu, apapun yang terjadi pada taman tersebut, pihaknya akan berkoordinasi langsung dengan pihak pengembang.

“Jadi kalau ada tanaman yang mati atau fisik yang misal retak atau pecah, kan ada petugas kita (DLH) yang ngecek, nanti dilaporkan pada kontraktor (pengembang) agar segera diperbaiki,” ujar Wahyu, Kamis (31/3/2022).

Sementara, untuk tiga agenda besar pembangunan RTH Kota Malang tahun 2022, di antaranya adalah pembangunan RTH Buring atau yang umum disebut pembangunan Alun-Alun Kedungkandang, selanjutnya ada RTH yang dibangun di bawah Fly Over Kedungkandang dan pembenahan taman di kawasan Balearjosari.

Untuk pembenahan Taman Balearjosari, diperkirakan menelan anggaran Rp 600 juta. Selanjutnya untuk RTH di bawah Fly Over Kedungkandang menelan anggaran Rp 800 juta dan RTH Buring menelan anggaran total sebesar Rp 15 miliar.

Jika ditotal secara keseluruhan, Pemkot Malang melalui DLH Kota Malang menganggarkan sebesar RP 16,4 miliar untuk penambahan RTH Kota Malang di tahun 2022.

Untuk RTH di bawah Fly Over Kedungkandang, nantinya bakal diberi berbagai fasilitas olahraga yang bisa dimanfaatkan masyarakat Kota Malang.

Di situ, Wahyu menuturkan bahwa nantinya juga bakal dilengkapi tempat bermain olahraga, seperti Basket, Skatepark untuk para Skateboarder dan juga kursi-kursi untuk tempat nongkrong masyarakat yang berkunjung.

Dan pembangunan RTH di bawah Fly Over Kedungkandang, kini sudah siap tender. “Persiapan untuk ditender. Insyallah bulan depan (April 2022) ditender dan hitungan pengerjaan 4 bulan lah,” ungkap Wahyu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
DLH Kota Malangtaman bunga merjosariDinas Lingkungan Hidup Kota Malangrth kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru