Disnaker Kota Malang Gelar Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan Pencari Kerja pada BKK Kota Malang 2022

Mar 31, 2022 17:03
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah saat membuka kegiatan penyuluhan dan bimbingan jabatan pencari kerja pada bursa kerja khusus Kota Malang di Hotel Atria Malang, Kamis (31/3/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah saat membuka kegiatan penyuluhan dan bimbingan jabatan pencari kerja pada bursa kerja khusus Kota Malang di Hotel Atria Malang, Kamis (31/3/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang menggelar kegiatan penyuluhan dan bimbingan jabatan pencari kerja pada Bursa Kerja Khusus (BKK) di Kota Malang tahun 2022, di Hotel Atria Malang, Kamis (31/3/2022). 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah, Kepala Bidang Ketenagakerjaan Titis Andayani, pengurus forum BKK Kota Malang, perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur selaku narasumber yakni Noor Rahayu Agustinawati, serta para peserta. 

Plt Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah menjelaskan, maksud dan tujuan digelarnya penyuluhan serta bimbingan jabatan pencari kerja pada BKK di Kota Malang ini untuk memberikan pembekalan persiapan memasuki dunia kerja bagi pencari kerja di Kota Malang.

"Agar pencari kerja dapat segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat dan kompetensi yang dimiliki. Serta perusahaan memperoleh tenaga kerja yang profesional, berkualitas dan sesuai dengan syarat jabatan yang dibutuhkan," jelas Mahmudah saat memberikan sambutan, Kamis (31/3/2022). 

Untuk peserta dalan kegiatan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja pada BKK di Kota Malang tahun 2022 yang digelar oleh Disnaker-PMPTSP Kota Malang ini berjumlah 85 orang yang berasal dari alumni siswa SMK pada BKK di Kota Malang. 

Peserta.

Pihaknya menyebutkan bahwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang pada Bulan Desember 2021 lalu bahwa jumlah angkatan kerja Kota Malang sebesar 482.172 orang. 

"Terdiri dari penduduk bekerja sebanyak 453.630 orang dan pengangguran sebanyak 46.542 orang. Data pengangguran meningkat 1.300 orang dari tahun sebelumnya yakni 45.242 orang," jelas Mahmudah. 

Maka sesuai dengan fenomena tersebut, dibutuhkan peningkatan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kegiatan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja pada BKK di Kota Malang 2022. 

Sehingga dapat menciptakan tenaga kerja yang siap pakai, terampil, disiplin, produktif, paham tentang perjanjian kerja serta memiliki etos kerja sesuai kebutuhan industri dan usaha mandiri. 

Jika dibina secara konsisten, disertai dengan pemberian patihan kerja yang sesuai kebutuhan pasar kerja, pelatihan wirausaha mandiri yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka akan tercipta calon tenaga kerja berkualitas tinggi. Tentunya akan dapat bersaing di pasar kerja dan memiliki kemampuan berwirausaha mandiri.

"Hal ini akan berdampak positif terhadap pengurangan angka pengangguran di mana pencari kerja akan terserap di dunia kerja sedangkan yang berkemampuan wirausaha mandiri dapat menciptakan lapangan usaha baru yang dapat menyerap tenaga kerja di sekitarnya," terang Mahmudah. 

Terakhir, pihaknya berharap peserta dapat mengikuti kegiatan penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja pada BKK di Kota Malang 2022 dengan seksama. Sehingga dapat memperoleh pengetahuan baru mengenai dunia kerja. 

"Sehingga peserta dapat memilih dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill yang dimiliki," pungkas Mahmudah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Disnaker Kota MalangSiti Mahmudahpencari kerja

Berita Lainnya

Berita

Terbaru