Awal Puasa Ramadan 2022, Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Nganjuk Terbitkan Edaran

Mar 31, 2022 15:05
Ilustrasi pemantauan hilal.(Foto: Istimewa).
Ilustrasi pemantauan hilal.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Lembaga Falakiyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Nganjuk menerbitkan surat edaran atas hasil hisab untuk menentukan 1 Ramadan. 

Di mana dalam surat tersebut disampaikan, berdasarkan hasil Hisab Awal Ramadan 1443 H 2022 M dengan Markaz Nganjuk, dan dengan rincian lintang -7° 36' 36" 1 dan bujur 111° 55' tanggal 1 Ramadan jatuh pada Sabtu (2/4/2022). Keterangan tersebut lantas juga diikuti penjelasan dari empat kitab yang dijadikan metode dalan metode hisab. 

Keempat kitab tersebut adalah Kitab Fathuroufil Manan Takribi, Kitab Badiatul Misal Tahqiqi, Kitab Al-Anwar Takribi dan Kitab Al-Anwar Tahqiqi. Di dalamnya juga dicantumkan sejumlah keterangan terkait posisi dan kondisi hilal saat terlihat. Dari keempat kitab tersebut dicantumkan bahwa Ijtima' akhir Bulan Sya'ban adalah Jumat, 1 April 2022.

"Disusun oleh Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama Cabang Nganjuk," keterangan tulisan dalam surat tersebut. 

Sementara itu, penentuan 1 Ramadan 1443 H masih belum dapat dipastikan. Bahkan ada yang menyebut ada kemungkinan perbedaan awal Ramadan 1443 H, karena metode penetapan yang digunakan tidak sama. 

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama Adib mengajak masyarakat untuk menunggu hasil sidang isbat. “Kita tunggu hasil sidang isbat,” ujar Adib.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
hisab ramadanawal ramadan 2022awal puasapenentuan awal ramadanpenentuan awal ramadan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru