Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Rasulullah Baca Doa Ini Tiap Menyambut Ramadan

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

31 - Mar - 2022, 08:37

Umat tengah berdoa. (pixabay)
Umat tengah berdoa. (pixabay)

JATIMTIMES - Tak lama lagi, puasa Ramadan 2022 segera datang. Kedatangan bulan Ramadan menjadi sesuatu hal yang istimewa. Karena itu, bulan penuh berkah ini harus benar-benar disambut dengan baik.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan, terdapat doa menyambut puasa Ramadan. Doa ini ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Ketika masuk bulan puasa Ramadan, maka Rasulullah ini hendaknya dibaca. "Baca doa ini agar sehat dan kuat menjalani puasa," ungkap Ustaz Adi Hidayat  dalm kanal YouTube Audio Dakwah.

Doa dari Nabi Muhammad SAW ini disebut juga doa menyambut Ramadan dan dibaca pada hari pertama bulan Ramadan. Tujuannya agar mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan di bulan Ramadan. 

Puasa Ramadan haruslah disambut dengan hati lapang, tenang, tenteram, dan  juga nyaman. Nabi Muhammad SAW  mengajak umatnya untuk melapangkan hati saat menyambut Ramadan dengan satu doa ini.

 “Allahumma ahillahu ‘alayna bilyumni wal iimaani was salaamati wal islaami. Robbii wa Robbukallah." (At Tirmidzi no 3451). “Ya Allah mohon hadirkan awal Ramadan kepada kami, dengan penuh ketenteraman. Dan dengan penuh kekuatan iman, sehat dan tidak sakit sampai selesainya puasa.”

"Doa ini juga supaya mendapatkan kesehatan, kekuatan, keselamatan di bulan Ramadan. Ini ada pada hadis At Tirmidzi 3451," kata Ustaz Adi Hidayat.

Dijelaskannya juga, umat Muslim haruslah berlomba-lomba dalam kebaikan, terlebih lagi lada saat bulan Ramadan. Jika tidak mampu berlomba dengan orang saleh dalam kebaikan, maka berlombalah dengan para pendosa untuk bertaubat dan beristighfar.

 


Topik

Agama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni