Mahasiswa PMM UMM Memanfaatkan Sisa Limbah Arang Untuk Di Jadikan Bricket

Mar 30, 2022 12:41

JATIMTIMES - Mahasiswa UMM melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Ngadireso, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang. Seperti yang di ketahui kegiatan ini merupakan salah satu tugas atau kegiatan wajib yang dilakukan oleh mahasiswa ketika menempuh pendidikan dibangku kuliah. Program kerja dari PMM atau yang lebih dikenal orang sebagai KKN ini banyak sekali tergantung mau difokuskan ke dalam hal apa.

Salah satu contohnya yang dilakukan Mahasiswa PMM UMM Kelompok 6 Gel.15 ini, kelompok yang beranggotakan 5 orang ini memanfaatkan limbah arang untuk diolah lagi menjadi sebuah bricket. Adapun tujuan dari Mahasiswa PMM UMM Kelompok 6 ini bukan semata-mata hanya untuk mengurangi limbah yang ada. Mereka berharap dengan mengolah limbah arang menjadi sebuah bricket ini bisa dikembangkan lagi sehingga UMKM yang berada di Desa Ngadireso semakin bertambah dan berkembang.

Adapula tujuan mereka selain itu adalah mereka berharap dengan adanya pengolahan limbah ini, masyarakat bisa lebih mengasah kreatifitas mereka untuk mengolah limbah yang ada menjadi sebuah produk yang bisa digunakan sendiri ataupun dijual ke pasar. Contoh lainnya seperti, memanfaatkan limbah botol plastik menjadi sebuah tanaman hidroponik. Sehingga Desa Ngadireso jauh lebih bersih dan UMKM disana semakin maju.

Di penghujung kegiatan PMM UMM dari Kelompok 6 ini menyampaikan harapan dan rasa terima kasih yang diwakilkan oleh Koordinator Kelompok : “Besar harapan kami semoga Desa Ngadireso yang terkenal dengan Pertapaan Karmel ini bisa lebih dikenal juga sebagai salah satu Desa dengan UMKM yang sangat maju dan berkompeten. Dan juga Terima Kasih kepada pihak Desa dan juga Masyarakat Desa Ngadireso yang sudah mengizinkan kami untuk melaksanakan kegiatan PMM kami disini dan juga saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Ngadireso karena sudah menerima kami dengan hangat.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru