Kemkominfo RI Gelar Roadshow Kompetisi IdenTIK 2022 Perdana: Kota Malang Ekosistem Digitalnya Berkembang

Mar 29, 2022 20:25
Pemaparan yang disampaikan oleh narasumber dalam acara roadshow kompetisi IdenTIK 2022 secara perdana di Harris Hotel and Conventions Malang, Selasa (29/3/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Pemaparan yang disampaikan oleh narasumber dalam acara roadshow kompetisi IdenTIK 2022 secara perdana di Harris Hotel and Conventions Malang, Selasa (29/3/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI melalui Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aplikasi Informatika menggelar roadshow perdana kompetisi Indonesia Enterpreneur TIK (IdenTIK) tahun 2022 bertempat di Harris Hotel and Conventions Malang.

Dalam roadshow perdana kompetisi IdenTIK tahun 2022 tersebut dihadiri oleh Koordinator Pemberdayaan Kapasitas Teknologi Digital Aris Kurniawan, Juri IdenTIK Corporate Social Responsibility Jurike V Moniaga, perwakilan dari PT Nodeflux Teknologi Indonesia Ivan Tigana, serta Adam Fauzi Akbar perwakilan dari Snepy.

Koordinator Pemberdayaan Kapasitas Teknologi Digital Aris Kurniawan melalui Sub Koordinator Program IdenTIK Hari Purwadi mengatakan, dipilihnya Kota Malang untuk gelaran roadshow karena ekosistem digital di Kota Malang berkembang.

"Kota Malang memiliki ekosistem digital yang bagus. Dari sisi pendaftar secara tahun ke tahun masih stabil dari Jawa Timur, kita pilih Kota Malang sebagai salah satu kota yang ekosistemnya bergerak stabil dan berkembang," ungkap Hari kepada JatimTIMES.com, Selasa (29/3/2022).

Terlebih lagi, dalam kompetisi IdenTIK tahun 2021 Kota Malang memiliki perwakilan tim dengan karya terbaik berupa Thermal Neck Pillow dari Snepy! yang masuk dalam kategori Research and Development (RnD).

"Otomatis tahun 2023 calon kandidat dari Indonesia kategori RnD," kata Hari.

Nantinya, setelah Kota Malang, Kemkominfo RI bakal menggelar roadshow lanjutan ke kota-kota besar lainnya di Indonesia. Seperti Makassar, Cirebon, Pontianak, dan Medan.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan bahwa tujuan digelarnya sosialisasi atau diskusi bersama mengenai kompetisi IdenTIK tahun 2022 ini untuk menggali potensi inovasi karya anak bangsa terbaik di bidang teknologi, informasi dan komunikasi (TIK).

Terdapat enam kategori dalam kompetisi IdenTIK kali ini, yakni Public Sector, Private Sector, Inovasi Teknologi Konten Digital, Corporate Social Responsbillity, Start-up Company, serta Research and Development.

"IdenTIK menjadi satu-satunya pintu gerbang bagi inovasi TIK terbaik karya anak bangsa agar dapat berlaga mewakili Indonesia dalam kompetisi di tingkat regional yaitu Asean ICT Awards (AICTA)," ujar Hari.

Pemenang.

Di mana AICTA merupakan suatu inisiatif dan sebuah program di bawah ASEAN ICT Masterplan 2025 yang menjadi ajang pengakuan terhadap karya TIK terbaik di seluruh wilayah ASEAN. "Serta sebagai tolok ukur kesuksesan dalam hal inovasi dan kreativitas," tutur Hari.

Untuk diketahui, IdenTIK dalam konteksnya merupakan transformasi program kompetisi yang dulu dikenal dengan nama Indonesia ICT Award (INAICTA) yang diselenggarakan pada tahun 2007 hingga 2015. Di mana kegiatan tersebut merupakan ajang lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK terbesar di Indonesia.

"Tercatat dalam penyelenggaraannya beberapa unicorn atau decacorn yang saat ini ada di Indonesia menjadi salah satu alumni dari kompetisi ini, di antaranya Tokopedia dan tiket.com," terang Hari.

Kemudian, di tahun 2022 kompetisi IdenTIK kembali digelar dengan mengusung tema "Collaborate and Grow Stronger". Di mana dalam tema kali ini IdenTIK berupaya mengembangkan konsep kegiatan dan bertransformasi agar tidak hanya sebatas sebuah ajang kompetisi.

"Namun, dalam prosesnya nanti karya-karya terpilih juga berkesempatan untuk mendapatkan fasilitas berjejaring dalam event-event berskala nasional atau global," ujar Hari.

Selain itu, Hari mengatakan bahwa nantinya dalam kompetisi dan program IdenTIK kedepan juga bakal ada kegiatan dalam bentuk pemberian pendampingan yang berkesinambungan kepada para peserta. Mulai dari gerakan 1000 startup digital, Startup Studio Indonesia dan Hub.id.

Sementara itu, untuk diketahui bahwa sepanjang kompetisi IdenTIK yang digelar sejak tahun 2019 sudah ada karya 518 yang terdaftar. Namun, jika digabung pada saat penggunaan nama kompetisi INAICTA, jumlah karya yang terdaftar sudah ribuan.

Lebih lanjut, dalam kompetisi IdenTIK tahun 2022, calon peserta dapat melakukan pendaftaran secara online melalui laman https://identik.id mulai Bulan Maret hingga 31 Juli 2022.

Kemudian dilanjutkan ke tahapan kurasi dan penjurian pada Bulan Agustus oleh para dewan juri. Terakhir, sebanyak 30 karya terpilih IdenTIK tahun 2022 akan diumumkan pada tanggal 31 Agustus 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
indonesia enterpreneur tikKemkominfo RIkearsipan tulungagung

Berita Lainnya

Berita

Terbaru