Leo Club Malang Arrow, Serukan Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual

Mar 28, 2022 22:38
Anggota Leo Club Malang Arrow
Anggota Leo Club Malang Arrow

JATIMTIMES - Salah satu komunitas antar kampus Leo Club Malang Arrow mengadakan acara seminar bertajuk Pencegahan Kekerasan Seksual dan Woman's Against Violence pada Sabtu (27/03/2022).

Sebagai informasi, Leo Club adalah organisasi pemuda di bawah naungan organisasi Lions Club International yang berberak di bidang pengabdian kepada masyarakat. Leo Club Malang Arrow berperan untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Kota Malang dan sekitarnya. Organisasi sosial ini memilki anggota dari berbagai perguruan tinggi, seperti UMM, Polinema, UIN Malik Ibarhim, UB, Poltekes Malang dan sebagainya.

Acara tersebut bertujuan untuk mengajak audiens terutama para pemuda untuk peka dan peduli terhadap isu-isu kekerasan seksual yang terjadi pada masa kini. Acara ini memfokuskan peserta pada materi Pencegahan Kekerasan Seksual.

Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak (2020) mencatat kasus kekerasan anak yang terjadi rentang bulan Januari-Juni 2020 sebanyak 1.848 kasus kekerasan seksual. Kekerasan seksual merupakan kasus kekerasan yang paling banyak dialami anak dibandingkan kekerasan fisik (852 kasus) dan psikis (768 kasus). Angka ini menunjukkan kekerasan seksual marak terjadi pada anak, sehingga diperlukan adanya upaya penanganan maupun pencegahan dari berbagai lapisan masyarakat. 

Pelaku kekerasan seksual saat ini kerap berasal dari orang-orang terdekat korban. Misalnya teman, pacar, orangtua, bahkan anggota keluarga besar lainnya. Dalam penelitian Humaira et al. (2015), 1 dari total 16 sampel kasus kekerasan seksual berasal dari orang yang tidak dikenal. Sedangkan 15 sampel kasus sisanya berasal dari orang terdekat atau orang yang dikenal.

Mengusung tema Woman's Against Violence, acara yang diketahui sebagai sarana informatif dan edukatif tersebut memberikan garis besar terhadap pencegahan kekerasan seksual yang kebanyakan dialami oleh kaum perempuan. Pasalnya, perempuan sendiri memang tidak terlepas dari isu-isu kekerasan seksual.

Acara yang berlangsung secara antusias dan dihadiri oleh peserta mulai dari usia SMU hingga perkuliahan ini diharapkan akan memiliki konstribusi besar ke depannya terutama pada isu-isu yang berlatarbelakangkan gender.

"Ke depannya semoga Leo Club Malang Arrow dapat bersinergi dengan komunitas/ lembaga yang concern terhadap isu berlatar gender, segi akan ada banyak lagi kontribusi nyata pada masyarakat," ucap Yunda selaku pemateri di acara tersebut pada MalangTIMES, Senin (28/03/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kekerasan Seksualcegah kekerasan seksual

Berita Lainnya

Berita

Terbaru