Pelebaran Jalan Menuju Cold Storage, Pemkot Batu Siapkan Anggaran Rp 2 Miliar

Mar 27, 2022 21:47
Ruas jalan area bakal dibangunnya Cold Storage di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Ruas jalan area bakal dibangunnya Cold Storage di Kelurahan Dadaprejo, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pembangunan Cold Storage di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu bakal dilakukan pada tahun 2022 ini. Jalan di area menuju lokasi tersebut pun rencananya bakal dilakukan pelebaran.

Pelebaran akan dimulai dari simpang Jalan Raya Dadaprejo yang berbatasan dengan jalur protokol Jalan Ir. Soekarno. Rencananya pelebaran sepanjang 2 kilometer dengan lebar tambahan 1 meter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, mengatakan, pelebaran ruas jalan tersebut bakal menggelontorkan anggarann sekitar Rp 2 miliar. Pelebaran jalan memanfaatkan dua sisi bahu jalan.

“Proyek ini juga untuk pengembangan infrastruktur, program kerja tahun 2022,” ungkap Alfi. Dalam pelaksanaannya, Alfi memastikan tidak akan ada pengeprasan tanah warga di sepanjang jalan tersebut.

Selain dilakukan pelebaran jalan, rencananya juga akan melakukan pemasangan box culvert. Sehingga secara tidak langsung kelas jalan di sana juga bakal meningkat.

Adanya rencana ini tentu selaras dengan keinginan warga. Sebab sebelumnya menolak adanya pembangunan Cold Storage lantaran permasalahan jalan di sana.

Sementara itu, pembangunan Cold Storage program yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 jadi segera akan dibangun.

Keinginan Pemkot Batu segera merealisasikan pembangunan Cold Storage itu merupakan strategi mengantisipasi anjloknya harga sayur dan buah saat panen raya di Kota Batu. Biasanya ada sejumlah hasil pertanian yang kerap mengalami harga anjlok saat panen raya. Di antaranya, tomat, apel, cabai, dan bawang merah.

Dengan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 12,5 miliar, hal itu diharapkan bisa diatasi. Rencananya Cold Storage memiliki kapasitas 300 ton untuk menampung hasil pertanian Kota Batu. Lahan yang akan dimanfaatkan luasnya berkisar 5000-6000 meter persegi dari luas keseluruhan 10,2 hektare.

Sedang, Cold Storage merupakan tempat penyimpanan untuk buah-buahan dan sayuran. Dengan alat pendingin tinggi itu, buah dan sayur bakal lebih awet sehingga bisa dipasarkan dengan harga lebih baik kalau pasaran sayur dan buah sudah normal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Cold Storagecold storage kota batuPelebaran JalanPelebaran Jalan KOTA BATU

Berita Lainnya

Berita

Terbaru