Isolasi Shelter Kosong, Kasus Akfit Covid-19 Kota Batu 19 Pasien

Mar 27, 2022 21:06
Update Covid-19 Kota Batu.
Update Covid-19 Kota Batu.

JATIMTIMES - Seiring dengan landainya kasus Covid-19 di Kota Batu, keterisian tempat isolasi di rumah sakit rujukan maupun di isolasi terpusat (isoter) terlihat berkurang cukup pesat. Hingga Minggu (27/3/2022) tersisa 19 pasien kasus aktif Covid-19.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Batu itu tempat isolasi terpusat di Yayasan Pelayanan Pengkabaran Injil Indonesia (YPPII), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu sudah tidak ada pasien alias nihil. 19 pasien itu hanya melakukan isolasi mandiri dan di rumah sakit rujukan.

“Shelter di YPPII kosong, sudah tidak ada pasien aktif yang isolasi di sana. Seluruhnya yang sebelumnya dirawat di sana dinyatakan sembuh,” ungkap kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto.

Kosongnya shelter di sana tercatat dalam dua hari terakhir. Dari total tersedia hingga 260 bed yang disediakan. “Mulai hari Sabtu (26/3/2022 shelter kosong,” tambah Onny.

Sementara dua pasien saat itu mengisi ruang isolasi di rumah sakit rujukan. Dari 144 tempat tidur isolasi yang disediakan di rumah sakit rujukan. Sehingga menyisakan 142 bed.

Sementara 32 tempat tidur ICU yang disiapkan tidak ada pasien. “Sisanya 17 pasien isolasi mandiri,” ujar  Onny.

Sedang hingga Minggu, kasus aktif Covid-19 terdapat 19 pasien dengan jumlah kumulatifnya 4893. Lalu pasien kesembuhan bertambah 4 pasien, jadi jumlah kumulatifnya mencapai 4588 pasien. Dengan jumlah kematian kumulatif 286 pasien.

Menurut Onny bertambahnya kasus baru ini sebagian besar berasal dari kontak erat pasien konfirm. Kemudian tingginya penambahan jumlah kasus positif yang berasal dari kontak erat salah satunya disebabkan karena varian omicorn.

Sedangkan pada Minggu ini jika ditinjau dari 14 indikator bersatu lawan Covid-19 kondisi Kota Batu sudah di angka 2,42 masuk zona kuning atau wilayah status risiko rendah.

Pihaknya mengimbau kepada warga Kota Batu untuk menjaga protokol kesehatan, meski sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
covid 19 kota batukasus varian omicronDinas Kesehatan Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru