Begini Cara Rumah Sedekah NU untuk Terus Berbagi

Mar 27, 2022 19:11
Inisiator Rumah Sedekah NU, Kiai Nur Shodiq Askandar dalam kegiatannya. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Inisiator Rumah Sedekah NU, Kiai Nur Shodiq Askandar dalam kegiatannya. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Rumah Sedekah NU di Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang terus berkomitmen untuk berbagi. Komitmen tersebut diwujudkan ke dalam berbagai bentuk kegiatan. Salah satunya kegiatan berbagi sarung dan baju muslim kepada ratusan imam Musala yang digelar pada Minggu (27/3/2022) sore.

Selain kegiatan tersebut, Inisiator Rumah Sedekah NU, Kiai Nur Shodiq Askandar mengatakan sudah banyak kegiatan yang telah dilakukan atau yang akan direncanakan, untuk mewujudkan komitmen tersebut. Kegiatan seperti itu sendiri menurut pria yang akrab disapa Gus Shodiq ini juga telah berlangsung beberapa tahun. 

"Dan selalu kita lakukan dengan pola yang berbeda. Tahun kemarin sarung dan surban dan tahun ini sarung dan baju. Dan di Bulan Ramadan nanti, Insha Allah sudah kami siapkan untuk imam perempuan, jadi untuk para Ibu Nyai yang ada di kampung-kampung," ujar Gus Shodiq, Minggu (27/3/2022). 

Terselenggaranya berbagai aksi peduli itu juga didukung oleh sejumlah pihak yang ia sebut sebagai Sahabat Rumah Sedekah NU. Yang mayoritas terdiri dari kalangan pengusaha di berbagai bidang. Baik kesehatan, kuliner, pendidikan, industri media dan lainnya. 

Dengan berbagai kegiatan sosial yang digelar itu, dirinya berharap bahwa keberadaan Rumah Sedekah NU bisa menjadi pengungkit kegiatan sosial lain yang ada di Indonesia. Dan untuk melakukan hal tersebut, dirinya mengaku tidak bisa jika hanya dilakukan salah satu pihak saja. 

"Pengungkit kegiatan sosial di Indonesia, terutama di Malang Raya. Karena apa, tidak mungkin rumah sedekah bisa menyelesaikan semua persoalan. Jadi kalau pengungkit, itu bisa membangkitkan semangat orang-orang yang punya untuk berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang tidak punya," terang Gus Shodiq.

Terbaru, saat ini Rumah Sedekah NU sedang merancang sebuah kegiatan agar bisa memberangkatkan anak-anak yatim agar dapat melaksanakan ibadah umroh. Rencana tersebut saat ini juga masih dalam pembahasan untuk terus dimatangkan. 

"Jadi kita buka tabungan, kita berharap orang bisa nabung disitu, dan suatu saat anak-anak yatim kita berangkatkan umroh. Kami juga berharap bahwa mimpi-mimpi yang terpendam dari sebagian orang itu bisa tercapai," pungkas Gus Shodiq. 

Sementara itu, salah satu Sahabat Rumah Sedekah NU yakni pemilik Sultan Croffle, Dodiet Arya Mahendra berharap bahwa terjalinnya silaturahmi dengan berbagai kalangan, pihaknya bisa turut berbagi kepada umat melalui Rumah Sedekah. Sehingga banyak umat yang terbantu dengan keberadaan Sultan Croffle.

"Karena kita ingin berbagi rezeki dengan umat, terutama menyongsong Bulan Suci Ramadan, jadi Sultan Croffle ingin berbagi melalui ruang yang disediakan oleh Rumah Sedekah NU," ujar Dodiet. 

Selain itu, dirinya juga berharap agar lebih banyak pengusaha muda dari berbagai daerah terutama di Malang Raya, untuk bergabung di Rumah Sedekah NU, terlebih agar dapat berkontribusi dan manfaat bagi masyarakat luas. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Rumah Sedekah NUNahdlatul Ulamarumah sedekah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru