Konsisten Berbagi, Rumah Sedekah NU Berikan Sarung dan Baju Muslim Bagi Imam Musala

Mar 27, 2022 18:20
Pembina Ponpes BaPonpes Baghrul Maghfiroh KH Prof Ir Muhammad Bisri didampingi Inisiator Rumah Sedekah NU Kiai Nur Shodiq Askandar secara simbolis menyerahkan sarung dan baju muslim.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Pembina Ponpes BaPonpes Baghrul Maghfiroh KH Prof Ir Muhammad Bisri didampingi Inisiator Rumah Sedekah NU Kiai Nur Shodiq Askandar secara simbolis menyerahkan sarung dan baju muslim.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Sebanyak 140 Imam musala yang tersebar di beberapa kecamatan di Malang Raya menerima sarung dan baju muslim. Penyaluran sarung dan baju muslim tersebut dilakukan melalui kegiatan yang digelar oleh Rumah Sedekah Nahdlatul Ulama (NU), Minggu (27/3/2022). 

Pada kegiatan yang digelar di Rumah Sedekah NU di Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau para Imam musala yang hadir juga diberi pelayanan dan pengobatan gratis. Sementara dalam menggelar aksi berbagi ini, Rumah Sedekah NU menggandeng sejumlah pihak. Seperti JatimTIMES, Universitas Islam Malang (UNISMA), NK Cafe, Ocean Garden, Meteor Cell, Ayam Goreng Nelongso, Bank Mandiri, Bank Jatim Syariah, The Sultan Croffle, BM Media dan beberapa pihak lainnya. 

Proses pemeriksaan oleh Fakultas Kedokteran UNISMA kepada salah satu Imam Mushallah.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut yakni Pengasuh Ponpes Baghrul Maghfiroh KH Prof Ir Muhammad Bisri yang juga adalah mantan rektor UB, Dekan Fakultas Kedokteran Unisma dr Rahma Triliana Ph.D Selain itu juga hadir pemilik warung Kasemo Agus Susanto, pemilik Sultan Croffle Dodiet Arya Mahendra,  Direktur JatimTIMES Lazuardi Firdaus, Ketua MWC NU Dau KH Sonhaji, Direktur LazisNU Blimbing Faisol, Wakil Ketua MWC NU Lowokwaru Gus Gufron. 

"Jadi kegiatan ini sebetulnya bagian dari perwujudan empati kita semua terhadap sahabat kita yakni kiai-kiai di kampung yang dengan keikhlasan hati merawat dan menghidupkan musala. Kita menginginkan mereka (Imam musala) yang seperti itu mampu menyambut Bulan Suci Ramadan dengan baik," ujar Inisiator Rumah Sedekah NU Kiai Nur Shodiq Askandar. 

Dengan kegiatan tersebut, pihaknya berharap para Imam musala ini tetap bersemangat dalam menghidupkan musala di wilayahnya masing-masing. Terutama selama Bulan Suci Ramadan. 

Direktur JatimTIMES Lazuardi Firdaus saat menyerahkan sarung dan baju muslim.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

"Sebetulnya kita ini disunnahkan untuk menyambut dengan pakaian yang baik. Ini kita siapkan baju dan sarung bagi mereka. Semoga ini menjadi semangat mereka untuk terus menghidupkan musala. Dan menghidupkan jamaah salat rawatib dan tarawih di musala masing-masing," terangnya pria yang juga Wakil Rektor II Universitas Islam Malang (UNISMA) ini. 

Sementara itu, untuk mendukung kegiatan tersebut, UNISMA mendatangkan 3 orang dokter, 1 orang apoteker dan sejumlah mahasiswa dari Fakultas Kedokterannya. Beberapa pemeriksaan kesehatan yang dilakukan adalah meliputi tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol, asam urat. 

"Lalu pengobatannya kami sesuaikan dengan keluhan yang didapatkan. Dan pembagian sedikit vitamin. Harapannya imamnya bisa sehat sehingga umatnya bisa terurus," ujar Dekan Fakultas Kedokteran UNISMA Dr. Rahma Triliana PhD.

Pembukaan kegiatan berbagi sarung dan baju muslim kepada Imam Mushallah oleh Rumah Sedekah NU.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

Dengan kontribusi yang diberikan tersebut, dirinya berharap bisa bermanfaat bagi seluruh umat. Di mana hal tersebut juga terserap di dalam tagline UNISMA yakni dari NU untuk Indonesia dan peradaban dunia.  

"Kita dari Nahdlatul Ulama, harapannya bisa memberi layanan kepada seluruh umat. Jadi harapannya nanti, walaupun kontribusinya sedikit bisa berdampak pada kebaikan dan manfaat bagi masyarakat," terang Dr. Rahma. 

Sementara itu, Imam musala Bumi Luhur Desa Gading Kulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang Ubaidillah menyampaikan apresiasinya pada kegiatan yang digelar Rumah Sedekah NU kali ini. Dirinya berharap bahwa keberadaan Rumah Sedekah NU bisa konsisten menyambung kegiatan silaturahmi lewat sadaqoh. 

"Harapan dari kawan-kawan di daerah Dau dan sekitarnya, karena posisi kita bersahabat dengan berbagai pihak bisa tetap Fastabiqul Khoirot atau berlomba pada kebaikan. Sehingga pada muaranya nanti bisa tumbuh spirit. Yakni spirit berjuang, berkhidmat dan spirit ber-NU. Terutama spirit ber-Islam," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Rumah Sedekah NUimam musalabantuan sarung dan baju muslim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru