Anggarkan Rp 2,7 Miliar, Pemkab Malang Siap Permak Jalur Gondanglegi-Balekambang

Mar 27, 2022 15:49
Salah satu ruas jalan di Gondanglegi yang rencananya bakal dipermak.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Salah satu ruas jalan di Gondanglegi yang rencananya bakal dipermak.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang fokus untuk melakukan pemerataan ekonomi di 2022 ini. Hal itu lantaran angka kemiskinan di Kabupaten Malang yang masih sebanyak 263 ribu, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistika (BPS) Kabupaten Malang pada 2021 lalu. 

Bupati Malang HM. Sanusi menjelaskan, dari jumlah kemiskinan tersebut, diketahui bahwa sebagian besar kantong-kantong kemiskinan ada di Malang Selatan. Mengatasi hal tersebut, pihaknya juga telah memetakan sejumlah kebutuhan agar kemiskinan di Malang Selatan bisa terangkat. 

Salah satu media atau fasilitas yang bakal digarap untuk bisa mengatasi hal tersebut adalah infrastruktur jalan. Terutama, jalan yang digunakan sebagai akses menuju tempat wisata. Apalagi, setelah pembangunan jalur lintas selatan (JLS) tahap II rampung digarap pada 2021 lalu. 

"Karena Malang Selatan terisolir dengan jalur utara transportasinya, saya sudah ajukan ke Kemen PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) agar dari tiga sirip jalan penghubung pantai selatan dengan jalur utara jalan nasional biar ada penghubungnya," ujar Sanusi. 

Dari pemetaan tersebut, akhirnya telah diputuskan bahwa akses jalan yang akan dipermak adalah jalur dari Gondanglegi menuju Pantai Balekambang. Dan rencananya bakal menjadi jalan nasional. 

"Jadi menghubungkan Malang Selatan terutama Pantai Selatan dengan Malang Utara. Ini sudah dimulai perencanaannya, sudah dilelang dan sudah ada pemenang," terang Sanusi. 

Dalam waktu dekat, Sanusi juga memastikan bahwa perencanaan pelaksanaan pekerjaan tersebut akan segera disusun. Sementara itu, dalam rencana tersebut Pemkab Malang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,7 miliar yang bersumber pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Sehingga dalam waktu dekat, perencanaan untuk pengerjaan jalan akan dilakukan di Gondanglegi menuju (Pantai) Balekambang. Anggaran sekitar Rp 2,7 miliar dari APBD dan dari Kemen PUPR itu sekitar Rp 600 miliar untuk mengembangkan (jalan) itu," jelas Sanusi. 

Sanusi berharap ketimpangan yang terkesan ada diantara Malang Selatan dan Utara akan berangsur berkurang. Tentunya ditunjukan dengan peningkatan ekonomi masyarakatnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Bupati Malang Sanusipembangunan malang selatanjalan gondanglegi balekambanganggaran jalan malang selatan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru