Baru Lulus SMA, Pemuda Pamekasan Ini Berhasil Ciptakan Pom Mini Cerdas Tanpa Harus Dijaga

Mar 26, 2022 20:18
Salah satu warga saat mengisi BBM di pom mini cerdas rancangan Agus Salim dari Desa Kertagena Tengah, Kadur, Pamekasan. (Foto:Ist/JTN)
Salah satu warga saat mengisi BBM di pom mini cerdas rancangan Agus Salim dari Desa Kertagena Tengah, Kadur, Pamekasan. (Foto:Ist/JTN)

JATIMTIMES - Seorang pemuda asal Desa Kertagena Tengah, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Agus Salim berhasil menciptakan pom mini cerdas tanpa perlu dijaga.

Pom mini cerdas tersebut layaknya  mesin ATM. Para pelanggan yang akan mengisi bahan bakar minyak (BBM) tinggal memasukkan uang pecahan 10 ribu, 20 ribu, hingga 50 ribu ke dalam mesin yang tersedia.

Selanjutnya, pembeli tinggal memilih jenis bahan bakar yang tersedia di mesin, semisal pertalite atau pertamax. Kemudian bensin akan keluar secara otomatis.

Kepada Jatimtimes.com, pemuda yang baru lulus SMA tersebut mengaku membuat mesin pengisian bahan bakar itu berawal dari hobi merangkai barang elektronik. Kemudian ia mencoba membuat pengisian BBM secara otodidak.

"Pom mini cerdas ini layaknya  ATM. Bisa melayani pembeli walaupun tanpa penjaga," katanya, Sabtu (26/03/2022).

Agus menambahkan, untuk membuat pom mini cerdas itu, dia harus rela mengeluarkan biaya hingga 6 juta rupiah. Meski demikian, dia mengaku pom mini cerdas itu masih banyak kekurangan dan perlu pembenahan.

Menurut dia, pom mini cerdas itu beroperasi setiap hari dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Ia berharap, karyanya tersebut bisa mendapatkan dukungan dari pemerintah Kabupaten Pamekasan.

"Saya berharap bisa mendapatkan dukungan dari semoa pihak, karena mesin ini masih uji coba dan masih banyak kekurangan," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pom mini cerdaspemuda pamekasanBerita PamekasanInovasi pemuda

Berita Lainnya

Berita

Terbaru