Garap Pengentasan Kemiskinan Bersama NU, Bupati Sanusi: Ini yang Paling Efektif

Mar 26, 2022 16:34
Bupati Malang HM. Sanusi bersama Ketua PCNU Kabupaten Malang KH. Hamim Kholili saat menemui awak media.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Bupati Malang HM. Sanusi bersama Ketua PCNU Kabupaten Malang KH. Hamim Kholili saat menemui awak media.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Bupati Malang HM. Sanusi menilai bahwa upaya pengentasan kemiskinan dengan menggandeng Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang adalah cara yang terbilang efektif. Sebab dirinya menilai bahwa mayoritas masyarakat Kabupaten Malang adalah kalangan NU. 

Maka dari itu, nota kesepahaman yang dibuat antara Pemkab Malang dengan PCNU Kabupaten Malang diharapkan dapat berdampak pada berkurangnya angka kemiskinan di Kabupaten Malang. Sementara berdasarkan data dari Badan Pusat Statistika (BPS) 2021 lalu, jumlah kemiskinan di Kabupaten Malang sebanyak 263 ribu. 

"Yang paling efektif, karena mayoritas masyarakat NU. Jadi keterlibatan NU ini dinilai sangat efektif untuk menyadarkan mereka supaya tidak berdiam diri," terang Sanusi, Sabtu (26/3/2022).

Dalam pelaksanannya nanti, Sanusi menegaskan bahwa PCNU akan terlibat dalam beberapa program yang melekat di organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Malang di berbagai sektor. Seperti perikanan, peternakan, pertanian dan sektor lainnya. 

"Ini mau kita garap bareng melalui program di masing-masing SKPD dan anggarannya. NU nanti menyosialisasikan agar masyarakat bisa semangat bekerja," ujar Sanusi. 

Menurut Sanusi, mengingat NU telah mendeklarasikan bahwa bukan sebagai partai politik (parpol), dirinya juga memperbolehkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Malang untuk bersinergi bersama NU dalam menjalankan program-programnya. 

"Tapi kalau NU berpolitik, maka ASN tidak boleh. Maka sekarang seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) saya wajibkan untuk berkolaborasi bersama NU," imbuh Sanusi. 

Sementara itu, rencana tersebut juga mendapatkan sambutan baik dari PCNU Kabupaten Malang. Di dalam praktiknya nanti, Ketua PCNU Kabupaten Malang, KH. Hamim Kholili mengatakan bahwa pihaknya akan mengoptimalkan 18 lembaga yang ada di dalamnya. 

"NU ini kan punya 18 lembaga di semua aspek kehidupan di masyarakat itu ada di NU. Sama halnya kayak di Pemda, dalam segala aspek itu ada di OPD. Dan peran lembaga itu yang akan dioptimalkan," ujar Kiai Hamim. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Bupati Malang SanusiPCNU Kabupaten MalangPengentasan Kemiskinan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru