Rusia Turunkan Radar Tercanggihnya di Ukraina, Salah Satunya Disebut Buatan Indonesia

Mar 24, 2022 11:51
Radar Vera-NG yang digunakan Rusia di Ukraina, dan kabarnya juga dimiliki Indonesia.(Foto: Istimewa).
Radar Vera-NG yang digunakan Rusia di Ukraina, dan kabarnya juga dimiliki Indonesia.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Konflik yang terjadi di daratan Eropa antara Rusia dan Ukraina hingga kini masih terus berlanjut. Sudah bukan rahasia lagi jika dalam konflik ini, Rusia telah menerjunkan ribuan personel militernya beserta alutsistanya.

Salah satu peralatan militer Rusia yang juga tak luput dari perbincangan publik adalah Radar Vera NG. Faktanya, radar yang saat ini juga turut digunakan oleh Rusia tersebut adalah buatan Indonesia. 

Hal tersebut juga diulas oleh akun TikTok bernama abanggaull38. Dalam video tersebut, selain radar Vera NG buatan Indonesia, juga ada dua radar lain yang dioperasikan oleh Rusia di dalam invasinya ke Ukraina.

"Angkatan bersenjata Rusia mulai mengerahkan 3 kekuatan radar tercanggih di dunia salah satunya radar buatan Indonesia, selama konflik di Ukraina," ujar narasi dalam video tersebut. 

Saat ini, proses instalasi Radar Vera Ng sedang dilakukan di Ukraina. Radar tersebut sengaja ditempatkan di sana untuk mengantisipasi kemungkinan kedatangan pesawat siluman yang mengintai wilayah Ukraina akibat konflik yang terjadi itu. 

Selain Radar Vera NG pendeteksi Ukuran, radar yang juga digunakan oleh Rusia dalam konflik tersebut adalah Rada Pendeteksi Ketinggian Rendah Rosa. 

Komite Industri Militer Rusia menerangkan, radar buatan Indonesia dirancang untuk mendeteksi platform udara. Pengukuran jangkauan, azimuth angle, ketinggian, tingkat jangkauan, pelacakan dan klasifikasi target secara otomatis. 

Radar akan mentransmisikan informasi ke dalam satu kesatuan sistem kontrol Rusia di Ukraina. Ujicoba mengkonfirmasi efektifitas radar yang diintegrasikan ke dalam sistem tiga tahap yang mendeteksi kendaraan udara baik berawak atau tanpa awak dan berbagai rudal jelajah.

Informasi yang dihimpun JatimTIMES, Radar Vera NG merupakan radar buatan Omnipol Grup Republik Ceko. Namun Indonesia dikabarkan telah membeli radar tersebut.

Keberadaan radar ini pun ternyata cukup diperhitungkan di kalangan industri militer. Sebab, dikutip dari era.aero, Radar Vera NG yang merupakan Passive Surveillance ESM Tracker Radar yang ditugaskan untuk mendeteksi jet tempur siluman sekelas F-35 dan J-20 China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
radar tercanggihrusia dan ukrainaUkrainaradar milik indonesiaradar buatan indonesiaperang rusia ukraina

Berita Lainnya

Berita

Terbaru