Agar tidak Jadi Korban Lowongan Kerja, Waspadai Modus dan Ciri-Ciri Penipuannya

Mar 23, 2022 12:30
Sumber : mnews.co.id
Sumber : mnews.co.id

JATIMTIMES - Salah satu ciri utama lowongan pekerjaan palsu adalah bahwa persyaratannya tampak umum dan sangat sederhana. Semua perusahaan membutuhkan karyawan dan profesional berbakat di bidang yang mereka cari. Jadi jika persyaratannya terlalu sederhana, itu tidak masuk akal. Ini merupakan suatu modus agar para pencari kerja merasa tertarik dengan kemudahan mendaftar.

Agar dapat terhindar dari penipuan lowongan kerja, anda perlu mewaspadai hal-hal berikut ini.

Nama Perusahaan Tidak Dicantumkan

Tidak mencantumkan nama perusahaan adalah hal yang sangat patut dicurigai. Pasalnya, seharusnya para rekruiter memberikan informasi yang lengkap agar para pencari lowongan kerja memiliki pandangan untuk bekerja di perusahaan yang dimaksud. Lantas, mengapa tidak dicantumkan nama perusahaan? Tentu saja hal ini sangat janggal. Bisa jadi info lowongan kerja yang tidak mencantumkan nama perusahaannya tersebut memiliki riwayat yang tidak baik sehingga memutuskan untuk menyembunyikan identitas perusahaannya. 

Tidak Tertera Alamat

Hampir sama seperti poin satu, seharusnya alamat juga menjadi hal yang sangat penting sehingga para pencari lapangan kerja bisa mengunjungi dan melihat langsung bagaimana perusahaan tersebut berdiri. Meskipun di era sekarang banyak memberlakukan WFH, namun alamat perusahaan sangat penting untuk diketahui. 

Rekruiter Yang Berbelit-belit

Jika anda menemui rekruiter yang dimintai informasi mengenai profil perusahaan, alamat, gaji, jobdesk dan bidang yang sedang dikerjakan oleh perusahaan tetapi tidak kunjung menjawab dengan jelas. Sebaiknya, anda harus meninggalkan lowongan tersebut saat itu juga. Pasalnya seorang rekruiter tentunya tahu dan memahami betul mengenai hal-hal tersebut. 

Rekruiter Yang Terlalu Ramah

Menjadi pribadi yang ramah memang menyenangkan, namun jika seorang rekruiter terlalu ramah bukanlah hal yang sewajarnya. Misalnya, seorang rekruiter bisa membalas email/pesan anda diluar jam kerja. Tentunya seorang yang profesional akan memperhitungkan waktunya dan membedakan mana jam kerja serta yang bukan. Terlebih lagi jika seorang rekruiter yang terlalu ramah mendesak anda untuk segera mengirimkan CV dan surat lamaran kerja. Tentunya, ini hal yang sangat mencurigakan. Perusahaan memang membutuhkan calon karyawan yang profesional, namun perusahaan yang baik bukanlah perusahaan yang memaksa para pencari kerja untuk mendaftarkan diri. Dibandingkan perusahaan yang membutuhkan karyawan, seorang calon karyawanlah yang lebih membutuhkan sebuah lapangan kerja tersebut. 

Tawaran Gaji Yang Besar

Beberapa lowongan kerja biasanya langsung membeberkan nominal kisaran gaji yang diberikan. Jika gaji nominal tercantum, Anda perlu mempertimbangkan kesesuaian gaji dengan posisi yang diiklankan. Misalnya, lulusan baru di posisi admin dengan gaji bulanan 8-10 juta rupiah mungkin agak tidak mungkin dan mencurigakan. Anda harus memahami gaji yang diberikan pada masing-masing posisi pekerjaan.

Rekrutmen Terlampau Mudah 

Sangat tidak mungkin seorang pelamar diterima tanpa wawancara terlebih dahulu. Bahkan di beberapa posisi dan perusahaan, akan ada beberapa tahap wawancara disertai tes studi kasus dan psikotes. Lowongan yang palsu akan memberi kesan mendesak atau sangat butuh karyawan baru.

Trik ini biasanya membuat lulusan baru banyak terjebak. Tetapi jika Anda cermati sebenarnya hal ini masih tidak masuk akal. Perusahaan pasti menginginkan yang terbaik dalam mendapatkan karyawan. Begitu pula Anda sudah seharusnya melalui proses wawancara agar dapat mengetahui informasi perusahaan yang lebih jelas.

Pemungutan Biaya 

Dapat dikatakan bahwa tidak ada perusahaan yang membebankan biaya kepada pelamar pekerjaan. Jika Anda melalui proses perekrutan dan akhirnya membayar jumlah tertentu, Anda dapat mengatakan bahwa perusahaan itu scam dan jelas menipu. Pemungutan biaya biasanya dalam hal mekanisme pengembalian dana.

Misalnya, Anda dinyatakan memenuhi syarat untuk wawancara, tetapi prosesnya berlangsung di luar kota. Setelah itu, Anda akan diminta untuk membayar transportasi. Ini adalah modus paling nyata dari penipuan lowongan kerja. Maka lebih baik Anda batalkan saja proses rekrutmen jika tiba-tiba dipungut biaya tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Lowongan Kerjakorban lowongan kerja

Berita Lainnya

Berita

Terbaru