Pemprov Jatim dan PLN Kolaborasi Sediakan Sebelas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

Mar 23, 2022 09:19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (depan).
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (depan).

JATIMTIMES - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 671/85/124.3/2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) dan kompor induksi di Jawa Timur. SE ini merupakan dukungan konkret Pemprov Jatim terhadap Perpres 55 atahun 2019 tentang Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. 

Gubernur Khofifah berharap SE ini akan memacu semangat bersama dalam upaya peningkatan ketahanan energi di sektor transportasi. Sehingga, akan terwujud energi yang ramah lingkungan, kualitas udara bersih, serta komitmen menurunkan emisi gas rumah kaca. 

Di sisi lain, penggunaan KLBB dan kompor induksi ini akan berdampak pada penguatan ekonomi nasional melalui pengurangan impor, subsidi BBM, serta penghematan devisa negara.

"Melalui SE ini, kami mengimbau mulai dari pemerintah kabupaten/kota, pengelola restoran, hotel, apartemen, rumah susun , serta masyarakat segera bertransformasi ke KLBB dan kompor induksi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” papar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Rabu (23/3/2022).

Terkait penggunaan kendaraan listrik ini, Khofifah menyampaikan masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, Pemprov Jatim dan PLN terus berkolaborasi menyiapkan infrastruktur yang memadai. Antara lain stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) dan home charging station.

General Manager PLN UID Jawa Timur Lasiran mengatakan, saat ini pembangunan infrastruktur SPKLU telah tersebar di beberapa titik, mulai dari Madiun hingga Banyuwangi. Total sementara sebanyak tujuh SPKLU. Dan dalam waktu dekat, PLN akan mengoperasikan empat unit lagi.

Selain itu, PLN meluncurkan program stimulus untuk memberikan kemudahan bagi pengguna kompor induksi, yakni program nyaman kompor induksi, tambah daya hingga 11.000 VA melalui aplikasi PLN mobile dengan hanya membayar Rp 150 ribu.

"PLN juga memiliki program stimulus untuk memberikan kemudahan bagi pemilik kendaraan listrik, khususnya mobil listrik. Yakni promo Super Everyday bagi pelanggan yang ingin malakukan penyambungan baru (PB) untuk pengisian daya di rumah atau home charging,” pungkas Lasiran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pemprov JatimGubernur Jatim Khofifah Indar ParawansaMobil listrikKompor induksimotor listrik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru