Warga Songgoriti Minta Pemkab Malang Serahkan Aset Songgoriti Resort ke Pemkot Batu

Mar 23, 2022 08:01
Selamatan tusuk bumi, nadah banyu, dan bersih dandang di area sumber mata air kawasan Songgoriti, Selasa (22/3/2022). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Selamatan tusuk bumi, nadah banyu, dan bersih dandang di area sumber mata air kawasan Songgoriti, Selasa (22/3/2022). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES -  Warga Dusun Songgoriti, Kecamatan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, memendam harapan besar terkait salah satu aset wisata di wilayahnya. Mereka minta Songgoriti Resort yang masih dikelola Perumda Jasa Tirta -BUMD milik Pemkab Malang- diserahkan kepada Pemkot Batu.

Permintaan warga Songgoriti itu diungkap dalam peringatan Hari Air Sedunia dengan digelarnya selamatan tusuk bumi, nadah banyu, dan bersih dandang di area sumber mata air kawasan Songgoriti, Selasa (22/3/2022). Dalam kegiatan bidaya itu, ada ritual nggaret bumi atau menggaris bumi.

Ritual  dilakukan dengan membuat garis memanjang di aspal sepanjang jalan kawasan Songgoriti Resort sebelum dimulainya hajatan. Garis itu dibuat menggunakan sebuah pusaka membuat bentuk lain dari batas tanah.

Bentuk lain itu yang dimaksudkan harus dikembalikan kepada masyarakat Songgoriti atau Kota Batu. Di akhir nggaret (menggaris), mereka menancapkan pusaka di bawah pohon beringin tua.

"Inti kegiatan memperingati Hari Air Sedunia. Tapi di balik itu, semoga Songgoriti Resort bisa dikelola masyarakat Songgoriti dan Kota Batu. Selama ini tidak terawat,” ucap Ulul Asmi, salah satu penyelenggara kegiatan ritual nadah banyu lan resik dandang.

Garis yang dihasilkan dari torehan pusaka, menurut Asmi, adalah batas hak wilayah yang seharusnya dikuasai Kota Batu. “Garis pusaka itu sebenarnya batas dari jumlah wilayah yang harus dikembalikan ke Kota Batu seluas 4 hektare. Hotel dan pasar (di kompleks Songgoriti Resort) seharusnya dikembalikan ke Kota Batu,” tambah Asmi.

Seperti diketahui, sejak Kota Batu lepas dari wilayah Kabupaten Malang pada 2001 silam, semua aset diserahkan kepada Pemkot Batu. Namun, ada aset wisata yang tidak diserahkan, yakni Songgoriti Resort yang di dalamnya ada Hotel Songgoriti, Pemandian Air Panas Alami (PAPA) Songgoriti, Candi Songgoriti, dan Pasar Songgoriti. 

Pemkab Malang tidak menyerahkan Songgoriti Resort dengan dalih tidak dikelola pemerintah, namun dikelola Perumda Jasa Yasa. Beberapa tahun terakhir, Songgoriti Resort tutup dan tidak terawat karena polemik pengelolaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Songgoriti ResortWarga SonggoritiPemkot BatuPemkab Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru