8 Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan, Cegah Kanker hingga Atasi Bau Mulut

Mar 22, 2022 08:22
Buah Apel (Foto: Healthline)
Buah Apel (Foto: Healthline)

JATIMTIMES - Apel termasuk buah favorit bagi sebagian orang. Tak cuma memiliki rasa manis atau terkadang masam, apel juga punya ragam kandungan yang bisa bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah berbagai penyakit. 

Seperti diketahui, kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh bisa ditemukan di berbagai buah. Salah satunya yakni buah apel. 

Buah yang mempunyai bentuk cenderung bundar ini kaya akan kandungan mineral dan berbagai vitamin. Di antaranya  vitamin A, vitamin C, vitamin B6, serta kalium. 

Berbagai kandungan di dalamnya membuat manfaat buah apel melimpah. Di antaranya yaitu dapat membantu menurunkan berat badan hingga menurunkan risiko berbagai penyakit. 

Kalian dapat mengonsumsi apel dengan cara dijus, digigit, dikupas, atau bisa dijadikan masker untuk menutrisi wajah. Berikut 8 manfaat buah apel bagi kesehatan: 

1. Membantu menurunkan berat badan

Jika kalian rutin mengonsumsi buah apel sebanyak 3 kali sehari, maka dalam kurang lebih 3 bulan, berat badan akan berkurang. Itu dikarenakan kandungan serat dan juga air yang tinggi membuat apel menimbulkan efek kenyang lebih lama serta bisa untuk melancarkan buang air besar (BAB). Jika mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar, rutinlah mengonsumsi buah apel. 

Manfaat buah apel juga tidak akan membuat gula darah menjadi naik.  Sehingga saat mengonsumsi buah ini, gula darah akan menjadi seimbang dan kenyang lebih lama sehingga berat badan menjadi turun atau stabil.

2. Mencegah terjadinya kanker

Apel juga dapat mencegah dan menurunkan risiko terkena kanker, khususnya bagi ibu hamil. Jika ibu yang sedang hamil mengonsumsi buah apel secara teratur, maka akan menurunkan risiko terkena kanker seperti paru-paru dan kerongkongan. 

Bahkan, ibu hamil yang cenderung sering sembelit akan lancar pencernaannya karena kandungan serat yang ada pada buah apel.

Selain ibu hamil, orang yang mengonsumsi apel minimal sehari sekali juga bisa terhindar dari berbagai macam kanker. Ini karena apel punya kandungan fitonutrien yang berfungsi untuk mengurangi risiko kanker paru-paru dan kanker usus. 

Salah satu flavonoid yang ada dalam apel juga bisa menurunkan adanya risiko terkena kanker pankreas yang bisa saja menyerang tubuh. Untuk orang dengan usia lanjut, apel berperan untuk mencegah serta mengurangi stroke, dementia atau pikun, serta menjaga kesehatan mata yang disebabkan oleh usia yang sudah lanjut.

3. Menjaga kesehatan jantung

Selain mencegah terjadinya berbagai kanker, manfaat buah apel selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan fungsi dari jantung. Buah ini juga bermanfaat untuk mencegah adanya kolesterol dalam darah sehingga kembali normal. 

Adanya kandungan fitonutrien, antioksidan, dan juga pektin dalam apel bisa digunakan untuk mencegah pembuluh darah arteri yang bisa menyebabkan radang dan tersumbat.

Sebuah studi yang dipresentasikan dalam Experimental Biology 2011 menyebutkan bahwa jika kalian rutin mengonsumsi apel minimal satu buah sehari dan dilakukan setiap hari, maka kolesterol jahat yang ada dalam usus akan terhambat penyerapannya sehingga risiko penyakit jantung terhindarkan.

4. Mengatasi bau mulut

Manfaat buah apel hijau juga bisa membantu mengatasi bau pada mulut. Jika kalian sedang mengunyah apel di dalam mulut, maka bakteri akan keluar bersamaan dengan terkunyahnya apel. 

Selain itu, sering kita temukan bahwa di dalam sela-sela gigi masih terdapat sisa-sisa makanan yang masih menyangkut. Sehingga, bau mulut bisa teratasi dengan mengunyah apel di dalam mulut.

Antioksidan polifenol yang terkandung dalam buah ini juga menghambat bakteri untuk tumbuh lagi serta pH dalam mulut akan menjadi seimbang. 

Cara untuk mengatasi bau mulut selain dengan mengunyah apel secara langsung adalah menggunakan cuka apel. Kalian cukup rutin mengonsumsi cuka apel secara langsung atau bisa juga dicampur dengan air dahulu.  Selain mengatasi bau mulut, pencernaan pun lancar.

5. Membantu pertumbuhan rambut

Khasiat buah apel yang lain yaitu untuk membantu menyuburkan rambut. Hal ini terkandung dalam manfaat buah apel merah, yaitu annurca yang kaya akan kandungan procyanidin B2 dalam polifenol yang cukup banyak. 

Produksi keratin pada rambut akan dapat terstimulasi sehingga pertumbuhan rambut terjadi lebih cepat. Tak cuma itu. Volume rambut, ketebalan, serta keratin yang ada di dalam rambut akan menjadi meningkat sehingga rambut akan menjadi lebih sehat.

Apel juga banyak digunakan oleh pabrik shampo untuk menjadikan rambut tampak berkilau dan bercahaya. Jika kalian membuatnya sendiri, caranya cukup mudah yakni campurkan ekstrak lemon, tepung jagung, dan cuka apel dan jadikan sebagai masker rambut. 

Biotin yang terkandung dalam apel  mampu menguatkan rambut sehingga akar rambut akan lebih sehat dan tidak mudah rontok.

6. Pencegahan alami penyakit alzheimer

Mencegah penyakit alzheimer merupakan salah satu manfaat apel pink atau lebih dikenal dengan sebutan apel fuji. Penyakit otak yang bisa menyebabkan penurunan daya ingat ini bisa dicegah dengan cara berhenti merokok dan melakukan olahraga secara rutin.

Selain itu, konsumsi makanan bergizi seimbang seperti apel juga menjadi cara untuk mencegah penyakit ini.

Fungsi otak akan menjadi turun apabila kalian sering mengonsumsi makanan yang digoreng atau sering merokok dan menghirup polusi udara. 

Racun negatif itu akan diserap oleh otak sehingga otak akan turun daya kerjanya. Mengonsumsi apel secara rutin bisa mengatasi hal tersebut dan juga meningkatkan kecerdasan pada otak. 

Cara untuk mencegah penyakit alzheimer dengan apel cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsi langsung apel yang mentah beserta dengan kulitnya. Jangan lupa untuk membersihkan apelnya terlebih dahulu. 

7. Sebagai pengganti kafein

Manfaat apel untuk wanita dan pria juga bisa untuk mengganti kafein. Kafein banyak terkandung pada kopi, yang berfungsi membuat kita terjaga. 

Selain kopi, apel juga bisa membuat  terjaga lebih lama. Padahal, tidak ada kandungan kafein sama sekali dalam buah apel. 

Lantas kenapa bisa membuat kita terjaga? Itu karena adanya kandungan gula alami atau glukosa, yaitu sebanyak rata-rata 13 gram dalam satu buah apel yang membuat kalian terjaga lebih lama.

Biasakan mengonsumsi apel satu buah pada saat pagi hari, maka kalian tidak akan mengantuk dan bisa juga digunakan untuk menjaga agar saluran pencernaan tetap lancar. 

Terutama dalam apel merah, ada kandungan glukosa alami yang lebih banyak sehingga saat mengonsumsinya akan terjaga lebih lama daripada apel lainnya.

8. Menghidrasi kulit dan menyembuhkan jerawat

Manfaat buah apel untuk wajah yaitu untuk menghidrasi kulit serta membantu untuk menyembuhkan jerawat. Caranya cukup mudah: dengan mencuci lalu memotong sebuah apel serta mengoleskan jus atau ekstraknya ke seluruh wajah. 

Tunggu hingga mengering, lalu cuci dengan air bersih. Produksi minyak akan menjadi seimbang dan juga efektif sebagai pelembab yang bagus.

Selain menjadi pelembap, apel bisa untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah atau menjadi exfoliator. Jika kalian ingin menghilangkan noda, jerawat, serta bintik hitam yang ada pada wajah karena mengganggu penampilan, caranya cukup mudah: tumbuk apel secukupnya, lalu oleskan pada wajah setelah dicampur dengan krim susu. Lakukan cara ini secara rutin selama seminggu dua kali agar hasil yang didapatkan bisa terlihat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
buah apelManfaat apelkonsumsi apelkhasiat apelTips Sehat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru