2 OPD Kategori Sangat Baik Diganjar Penghargaan KemenPAN-RB

Mar 21, 2022 14:29
Wali Kota Malang Sutiaji menyerahkan penghargaan dari Kementerian PAN-RB RI terkait penyelenggara pelayanan publik kategori sangat baik kepada Plt Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah di halaman Balai Kota Malang, Senin (21/3/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang for JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji menyerahkan penghargaan dari Kementerian PAN-RB RI terkait penyelenggara pelayanan publik kategori sangat baik kepada Plt Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah di halaman Balai Kota Malang, Senin (21/3/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji menyerahkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI untuk dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Malang yang berhasil meraih kategori sangat baik sebagai penyelenggara pelayan publik.

Dua OPD yang mendapatkan penghargaan dari KemenPAN-RB RI dengan kategori sangat baik tersebut yakni Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang. Di mana, penyerahan penghargaan tersebut dilakukan sebelum apel pagi, Senin (21/3/2022) yang dilakukan di halaman Balai Kota Malang.

Kedua pimpinan OPD pun hadir untuk menerima langsung penghargaan dari KemenPAN RB RI yang diserahkan Wali Kota Sutiaji. Yakni Siti Mahmudah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker-PMPTSP dan Eny Hari Sutiarni sebagai Kepala Dispendukcapil.

"Kemarin lokusnya itu memang dua OPD ini dari KemenpanRB dan dilihat dari pelayanan publiknya, ternyata di dua lokus OPD itu alhamdulillah mendapatkan nilai yang sangat baik," ungkap Sutiaji kepada JatimTIMES.com, Senin (21/3/2022).

Di mana penghargaan dengan kategori sangat baik atas penyelenggaraan pelayanan publik tersebut, langsung ditandatangani oleh Menteri PAN-RB RI Tjahjo Kumolo. Menurutnya, penghargaan ini merupakan sebuah dorongan agar OPD lainnya terus meningkatkan pelayanan publik.

Wali Kota Malang Sutiaji menyerahkan penghargaan kepada Kepala Dispendukcapil Kota Malang Eny Hari Sutiarni.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ini menjelaskan, penilaian yang dilakukan oleh jajaran KemenPAN-RB RI yakni dengan melihat Standar Pelayanan dari kedua OPD, lalu dikonfrontir kepada masyarakat yang menggunakan layanan tersebut.

"Benar nggak SP-nya sekian, benar nggak praktik di lapangan seperti itu. Itu domainnya KemnPAN-RB dan alhamdulillah di dua OPD itu nilainya A sangat baik," tutur Sutiaji.

Sementara itu, pihaknya juga terus berupaya agar setiap OPD di Kota Malang dapat meraih penghargaan kategori sangat baik terkait pelayanan publik dari KemenPAN-RB RI. Hal itu dilakukannya melalui penilaian secara internal yakni Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Kota Malang.

"Alhamdulillah kalau SAKIP di kami nilai rata-rata (OPD) sudah A, yang B hanya dua sampai tiga saja, yang lainnya sudah A," kata Sutiaji.

Lebih lanjut, Sutiaji pun mengibaratkan berjalannya sebuah sistem pemerintahan dan pengendalian ini seperti orang naik pesawat. Di mana orang naik pesawat itu di dalam seperti tidak berjalan, namun orang diluar melihat jalannya pesawat kencang sekali.

"Makanya kita terus tingkatkan yang kurang sesuai dengan target, kalau sudah sesuai target agar lebih maksimal. Tidak ada kata henti agar masyarakat menjadi tuannya Kota Malang," pungkas Sutiaji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Walikota Malangopd kota malang kategori sangat baikpenghargaan kemenpan rb

Berita Lainnya

Berita

Terbaru