LP2M UIN Maliki Malang Tekankan Label Halal Beri Tiga Keuntungan

Mar 19, 2022 14:48
Ketua LP2M Prof Dr Agus Maimun MPd (Ist)
Ketua LP2M Prof Dr Agus Maimun MPd (Ist)

JATIMTIMES - Pusat Studi Islam dan Sains UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menyelenggarakan Sosialisasi Pendampingan PPH (Proses Produk Halal), Jumat (18/3/2022) kemarin. Pusat studi di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) ini mengajak tenaga pendidik yang juga mendaftarkan diri sebagai Pendamping PPH untuk menyosialisasikan hal-hal terkait alur labelisasi kehalalan produk.

Ketua LP2M Prof Dr Agus Maimun MPd menyampaikan, dengan label halal suatu produk akan memberikan setidaknya tiga keuntungan utama. Tiga keuntungan itu yakni, memberikan kepastian hukum bagi konsumen muslim.  

Dengan label tersebut, para konsumen yang membeli produk bisa tahu dan terjamin telah membeli produk yang sesuai dengan syariat Islam. Sehingga, konsumen bisa mengkonsumsi produk tersebut dengan tenang. 

"Hal ini akan memberikan ketenangan bagi muslim saat memilih suatu produk," jelasnya.

Keuntungan yang kedua, dijelaskan Agus Maimun, adalah produk dengan label halal memiliki unique selling point. Maka, jika produk tersebut dijual pada negara minoritas maupun mayoritas muslim, tentunya produk tersebut akan laku keras dan jelas akan dipilih umat muslim.

"Label halal sekaligus sebagai pertanda bahwa produk tersebut aman dikonsumsi bagi muslim," tuturnya.

Kemudian, keuntungan yang ketiga dijelaskan Agus adalah mempunyai kesempatan lebih. Dalam hal ini adalah kesempatan untuk bersaing dalam pasar global. 
Dengan label halal pada sebuah produk, tentunya akan membuka kesempatan lebar produk tersebut untuk bersaing secara global.

"Dengan label halal, produk-produk Indonesia bisa dengan aman diekspor ke negara lain dengan mayoritas muslim. Bahkan ke negara yang minoritas muslimnya seperti benua Amerika dan Eropa," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
UIN Maliki Malangproses produk halalkeuntungan label halal

Berita Lainnya

Berita

Terbaru