Malangtimes

Inilah 7 Sayuran Favorit Rasulullah SAW yang Tercatat dalam Hadis, Timun hingga Bawang-bawangan

Mar 19, 2022 11:17
Ilustrasi (Foto: Encyclopedia Britannica)
Ilustrasi (Foto: Encyclopedia Britannica)

JATIMTIMES - Dalam menjalani pola makan sehat, Rasulullah SAW dikenal lebih banyak mengonsumsi sayuran. Bahkan, sayuran favorit Rasulullah itu tercatat dalam hadis.

Sayuran memang menyimpan sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Banyak mengonsumsi sayuran akan baik untuk sistem pencernaan karena di dalamnya mengandung serat dalam jumlah tinggi.

Manfaat sayuran yang dijelaskan dalam hadis itu selaras dengan bukti penelitian secara medis. Oleh sebab itu, perbanyaklah konsumsi beberapa jenis sayuran favorit Nabi Muhammad SAW ini.

Inilah 7 sayuran favorit Nabi Muhammad SAW yang tercatat dalam hadits:

1. Zucchini

Zucchini merupakan salah 1 jenis sayuran yang disukai Nabi Muhammad SAW. Hal itu pernah disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari.

Dalam hadits itu dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW lebih memilih mengonsumsi zucchini daripada daging. Zucchini adalah sayuran yang kaya antioksidan. 

Sayur ini memiliki bentuk mirip timun Jepang. Kulitnya hijau tua dan teksturnya renyah berair.

Mengonsumsi zucchini bisa mengurangi kadang gula darah yang berlebih. Selain itu, sayuran ini juga memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata, jantung dan kelenjar tiroid.

2. Labu kuning

Rasulullah SAW juga menyukai sayuran labu kuning. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits di mana Rasulullah SAW menghadiri jamuan makan dari seorang penjahit.

Kata Anas bin Malik:

"Aku berangkat bersama Rasulullah SAW menghadiri jamuan makan tersebut, Kepada Rasulullah SAW tuan rumah menghidangkan roti dari gandum serta kuah berisi labu dan dendeng,".

"Kemudian aku melihat Rasulullah SAW mencari labu dari seputar mangkok kuah itu. Dari sejak itu aku pun menyukai labu,". (HR. Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud).

3. Timun

Berbeda dengan zucchini, Nabi Muhammad SAW ternyata juga menyukai timun. Hal ini pernah disampaikan di sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Ja'far bin Abi Talib.

Pada zaman Nabi Muhammad pun terdapat anjuran yang menyebutkan, "Makan dan sukailah timun, karena Rasulullah SAW memakan dan menyukainya,".

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah biasa mengonsumsi timun yang dipadukan dengan kurma basah. 

Perpaduan itu menjadi cara Rasulullah untuk menjaga pola makan sehatnya.

4. Bit

Bit merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Sayuran bit ini termasuk 1 keluarga dengan lobak dan sayuran berakar lainnya.

Dalam beberapa hadits disebutkan, Rasulullah SAW suka makan bit yang dipadukan dengan barley atau jali-jali. Tanaman berwarna merah tua ini kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Mulai dari vitamin C, zet besi, folat, serat, mangan dan kalium. Mengonsumsi bit juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan stamina dan membantu melawan inflamasi.

5. Bawang merah

Bawang merah populer sebagai bumbu dapur yang melezatkan makanan. Selain itu, bawang merah juga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. 

Nabi Muhammad SAW dan sahabatnya juga suka makan makanan yang kandungan bawang merahnya banyak. Seperti dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Khalid RA, Aisha istri nabi menyebutkan bahwa Rasulullah SAW dan sahabatnya suka makan bawang merah.

Bahkan disebutkan bahwa makanan terakhir yang dikonsumsi Nabi Muhammad SAW mengandung bawang merah di dalamnya. Secara medis, bawang merah baik untuk meningkatkan kesehatan jantung hingga memperkuat imun tubuh.

6. Bawang putih

Selain bawang merah, Nabi Muhammad SAW juga menyukai bawang putih. Di zaman Rasulullah SAW, bawang putih dikonsumsi dengan cara digoreng atau ada juga yang mengonsumsi mentah-mentah.

Secara medis, telah dibuktikan oleh banyak penelitian bahwa bawang putih punya sederet manfaat bagi kesehatan. Seperti memperkuat sistem imun, mencegah penyakit demensia, menurunkan risiko kanker hingga jadi antibiotik kuat.

7. Jamur truffle

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Said bin Zaid, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa jamur truffle adalah sayuran yang menyehatkan. 
Menurut beliau, jamur tersebut baik untuk kesehatan mata.

Manfaat jamur truffle juga dibuktikan dalam sebuah penelitian dalam Jurnal Trends in Medical Research tahun 2016. Disebutkan bahwa jamur truffle ini bisa enyembuhkan trakom atau infeksi pada mata akibat bakteri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru