Harga Migor Mahal, Berikut 5 Cara Masak yang Bisa Bikin Hemat Pemakaian Minyak

Mar 19, 2022 10:24
Minyak goreng (Foto: The Palm Scribe)
Minyak goreng (Foto: The Palm Scribe)

JATIMTIMES - Kenaikan harga minyak goreng saat ini masih menjadi polemik. Banyak masyarakat yang mengeluh dengan harga minyak goreng yang cukup tinggi di pasaran. 

Seperti diketahui, minyak goreng memang dibutuhkan dalam memasak. Fenomena minyak goreng langka dan harga yang mahal kini sedang menjadi sorotan di Indonesia. 

Harganya berkisar di angka Rp 40.000-an per 2 liternya. Meski mahal, pemakaian minyak goreng tak bisa dihindari oleh ibu rumah tangga dan penjual makanan. 

Pasalnya minyak goreng merupakan bahan utama untuk jenis makanan yang digoreng atau tumisan. Alternatifnya para ibu rumah tangga dan penjual makanan kini beralih memakai minyak goreng curah yang harganya lebih murah.

Dilansir dari Food NDTV, terdapat beberapa tips memasak yang berkaitan dengan pemakaian minyak goreng. Tips ini dirasa tepat karena bisa menghemat pemakaian minyak goreng. 

Berikut 5 cara memasak yang bisa menghemat pemakaian minyak goreng: 

1. Gunakan non-stick pan

Non-stick pan atau wajan anti lengket bisa menjadi solusi dalam menghemat pemakaian minyak goreng. Pasalnya, wajan tersebut bisa memasak tanpa menggunakan minyak.

Dikarenakan memiliki kemampuan anti lengket, maka memasak juga jauh lebih praktis. Kalian menggunakan wajan ini untuk memasak telur atau menumis.

Kalau ingin membuat tumisan sayuran, kalian tinggal memanaskan bumbunya di atas wajan. Setelah aromanya tercium, barulah dimasukkan sayuran dan bahan lainnya yang membuat rasa masakan lebih nikmat.

2. Menggunakan sendok takar

Jika biasanya menuangkan minyak ke dalam wajan bisa sesuka hati, kini kamu bisa lebih memperhatikannya.

Sebelum mulai memasak, kamu bisa mengukur minyak goreng yang akan digunakan. Pakai sendok takar agar ukurannya bisa diketahui dengan jelas.

Selain untuk menghemat, mengukur minyak goreng menggunakan sendok takar juga bermanfaat bagi kesehatan. Karena bisa memerhatikan jumlah minyak yang dipakai dan masuk ke tubuh kita. 

Bahkan, Food Safety and Standards Authority of India (FSSAI) juga menyarankan hal tersebut. 

3. Tutup wajan saat memasak

Agar bisa menghemat pemakaian minyak goreng, kalian juga bisa menggunakan penutup wajan. Saat menggoreng atau menumis makanan, tutuplah wajan tersebut. 

Karena menempatkan penutup di atas wajan saat memasak bisa mengurangi pemakaian minyak. Kelembapan saat menutup wajan membantu proses memasak makanan lebih cepat.

4. Mengukus makanan

Saat minyak sedang langka dan mahal seperti saat, tampaknya bisa menjadi langkah yang tepat untuk mengubah pola hidup lebih sehat. Jika biasanya menggunakan minyak goreng untuk memasak gorengan atau menumis, sekarang tak perlu lagi.

Kalian bisa memilih aneka hidangan yang dimasak dengan cara mengukusnya. Seperti membuat pepes ikan dengan cara dikukus. 

Bisa juga telur kukus yang bisa dinikmati saat sarapan.

5. Panggang makanan

Selain dikukus, makanan yang dipanggang juga bukan ide yang buruk. Kalian bisa menghemat pemakaian minyak goreng dan tentu saja makanan lebih sehat.

Kalian bisa memasak ayam bakar dengan dibumbui olesan kecap manis dan sajikan bersama lalapan serta sambal. Nikmati ayam bakar ini dengan nasi hangat.

Tak hanya daging ayam saja yang enak diolah dengan cara dipanggang, tapi ada ikan, daging sapi, sate, hingga sayuran. Ubi atau jagung bakar juga dapat menjadi alternatif makanan tanpa minyak goreng loh. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
minyak gorengminyak goreng mahalcara hemat migor

Berita Lainnya

Berita

Terbaru