Muhaimin Iskandar Sebut Santri Siap Pimpin Negeri

Mar 18, 2022 19:29
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat berada di Ponpes Ar Rifaie.(Foto: Istimewa).
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat berada di Ponpes Ar Rifaie.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Muhaimin Iskandar menyebut bahwa santri siap memimpin negeri ini. Hal itu ia sampaikan saat berkunjung ke Pondok Pesantren Modern Al-Rifa'ie 2 Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jumat (18/3/2022).

Bahkan, sosok yang juga punya julukan panglima santri ini menegaskan bahwa kalangan santri bisa memimpin negeri di setiap level. Pria yang juga sebagai ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini hadir dengan didampingi oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar, dan Sekjen PKB M Hasanuddin Wahid, Ketua PCNU Kabupaten Malang Kiai Hamim Kholili, dan sejumlah tokoh lain. 

"Dari Malang kita harapkan lahir pemimpin yang mengatasi masalah negara. Saya nyatakan santri siap memimpin negeri dalam setiap level. Dari pesantren di Nusantara ini kita menyiapkan Indonesia baru, Indonesia yang mengatasi masalah dengan tepat," ujar pria yang akrab disapa Cak Imin ini. 

Menurut dia, pesantren yang dikomandoi oleh para miai juga memiliki tugas dan tanggung jawab besar untuk turut berpartisipasi dalam mengatasi permasalahan umat. Setidaknya dalam pembinaan karakter atau moral bangsa. 

Selain itu juga dalam upaya untuk mengasah kemampuan, baik soft skill maupun hard skill serta menguasai kepemimpinan. Baik di level paling rendah hingga tertinggi. Hal tersebut dinilai penting di tengah perubahan zaman seperti saat ini. 

"Oleh sebab itu, pesantren sudah satu kesatuan dengan denyut nadi masyarakat. Skill up para santri dalam semua level. Saya kira menjadi kebutuhan untuk dipersiapkan lebih baik lagi. Apalagi hari ini perubahan zaman sangat dramatis seiring perubahan dunia," terang Cak Imin. 

Sebagai informasi, dalam kesempatan tersebut, Cak Imin juga meresmikan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang terdiri dari berbagai pesantren di Malang Raya. BLK Komunitas ini kata Muhaimin diharapkan dapat menunjang keterampilan santri terutama dalam menghadapi tantangan global. 

Selain BLK Komunitas, Cak Imin juga meresmikan asrama santri di Pondok Pesantren Modern Al-Rifa'ie 2 Malang. Ia juga memimpin Aksi Hijaukan Indonesia dengan menanam ratusan bibit pohon di kawasan pondok pesantren. 

"Pesantren akan terus dituntut meningkatkan kapasitas diri. Salah satunya skill di semua level bidang yang harus dipersiapkan. Semua ini butuh skill yang bisa diupgrade melalui BLK. Bukan hanya pesantren tapi semua komunitas," pungkas Cak Imin. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Muhaimin IskandarCak IminSantri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru