Masih Langka, Simak Tips Berhemat Minyak Goreng

Mar 18, 2022 09:51
Sumber : pikiranrakyat.com
Sumber : pikiranrakyat.com

JATIMTIMES - Permendag Nomor 6 Tahun 2022 resmi dicabut. Dengan dicabutnya peraturan tersebut, artinya harga jual minyak goreng ke konsumen di toko ritel modern maupun di pasar tradisional menjadi mahal.

Sebenarnya banyak cara bisa dilakukan untuk menghemat minyak goreng. Misalnya dengan menggunakan teknik khusus atau mengganti minyak dengan bahan lain.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 3 Tips menghemat penggunaan minyak goreng agar tak boros.

1. Ganti minyak dengan margarin

Jika hanya ingin menggoreng dengan menumis saja, bisa ganti minyak dengan margarin. Sedikit margarin sudah membuat rasa masakan menjadi gurih. Tentu saja, kita bisa menghemat minyak goreng.

2. Gunakan minyak lebih dari sekali

Saat menggoreng, kita tidak harus selalu menggunakan minyak baru. Minyak yang baru bisa digunakan untuk menggoreng makanan yang tak berbau, sehingga minyak tidak rusak.

Minyak sisa sebaiknya disaring dan disimpan dengan baik sebelum dipakai kembali. Namun, sebaiknya jangan digunakan berulang-ulang karena tidak baik untuk kesehatan.

"Sebaiknya teliti dulu warna minyak sebelum digunakan, jangan gunakan jika warnanya gelap atau hitam. Minyak juga harus dibuang jika berbau tengik, kental, atau lengket," ujar Pakar nutrisi dari Raffles Diabetes & Endocrine Centre Singapura, Bibi Chia, dikutip dari Asia One.

3. Menggoreng diganti dengan memanggang

Memanggang beberapa jenis makanan yang digoreng bisa menjadi pilihan menghemat minyak. Misalnya, memanggang terong agar tak lembek, atau membuat keripik dengan dipanggang melalui oven.

Adakalanya beberapa makanan masih bisa dinikmati dengan cara seperti memanggang yaitu direbus. Makanan yang direbus ternyata bisa lebih sehat saat dikonsumsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
minyak goreng mahalcara menghemat minyak goreng

Berita Lainnya

Berita

Terbaru