Ekraf Exhibition Jatim Bangkit Mulai Digelar di Mall Dinoyo City, 67 UMKM Jajakan Produk

Mar 18, 2022 08:15
Pembukaan secara resmi gelaran Ekraf Exhibition Jatim Bangkit di Mall Dinoyo City, Kamis (17/3/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Pembukaan secara resmi gelaran Ekraf Exhibition Jatim Bangkit di Mall Dinoyo City, Kamis (17/3/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ekraf Exhibition Jatim Bangkit mulai digelar pada hari Kamis (17/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022) di Mall Dinoyo City. Pada pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini diikuti oleh 67 pelaku UMKM dengan berbagai produk. 

Acara Ekraf Exhibition Jatim Bangkit ini didukung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Jawa Timur, UKM IKM Nusantara (UIN), Logmart, Mall Dinoyo City, MalangTIMES.com, belanjaukm.id, belanjamallonline.com, litera media utama, cheers dan beberapa lainnya. 

Dalam pembukaan acara Ekraf Exhibition Jatim Bangkit dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur Andromeda Qomariah, Pimpinan Cabang BRI Soekarno-Hatta Malang Rahmat Utomo, Ketua DPW UKM IKM Nusantara Abdul Hakam, Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media holding Logmart Deny Asy'ari, Direktur Mall Dinoyo City Jufri Naz, serta Prof Muhammad Bisri. 

Direktur Mall Dinoyo City (MDC) Jufri Naz mengatakan, dalam acara Ekraf Exhibition Jatim Bangkit ini terdapat beberapa rangkaian acara. Yakni pada tanggal 17 Maret digelar talkshow, pembukaan acara, grand launching Logmart, hingga presale buku. 

Kemudian pada tanggal 18 Maret digelar pembukaan sekolah klaster Pasar Dinoyo dan kegiatan donor darah yang diinisiasi oleh Mall Dinoyo City bersama MalangTIMES.com bertajuk UMKM dan MalangTIMES.com peduli. Lalu di tanggal 19 Maret digelar lomba fashion show dan menyanyi anak-anak. Kemudian di tanggal 20 Maret digelar lomba tari tradisional dan tari modern. 

Logmart.

Jufri menjelaskan, acara Ekraf Exhibition Jatim Bangkit ini digelar untuk menambah semangat dan motivasi para pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19 agar terus berjuang serta bergeliat. Harapannya pelaku UMKM dapat bangkit kembali. 

"Tadi kita saksikan kerja sama antara UKM IKM Nusantara Jawa Timur dengan Logmart untuk wilayah Jawa Timur. Jadi barang-barang UMKM bisa masuk di toko Logmart," ungkap Jufri kepada JatimTIMES.com, Kamis (17/3/2022). 

Untuk keberadaan Logmart sendiri, Mall Dinoyo City juga mencetak sejarah. Karena baru pertama kali dan satu-satunya di Indonesia terdapat gerai Logmart di dalam sebuah mall, hanya di Mall Dinoyo City. "Ini memang kita menginisiasi dan membuat warna baru mini market itu bisa buka di dalam mall," kata Jufri. 

Lalu untuk produk-produk UMKM, hingga saat ini sudah ada 18 barang dari para pelaku UMKM yang ada di Kota Malang. Yakni 12 barang pelaku UMKM tersedia di Logmart dan enam barang UMKM lainnya tersedia di Gerai UMKM. Pihaknya menargetkan sebanyak-banyaknya jumlah barang UMKM yang dalam dipasarkan di Gerai UMKM maupun Logmart. 

Selain itu, pada hari Jumat (18/3/2022) besok juga akan digelar pembukaan sekolah klaster Pasar Dinoyo dan kegiatan sosial donor darah yang bekerjasama dengan MalangTIMES.com dengan tajuk "UMKM dan MalangTIMES.com peduli". 

"Kita sudah membuat pengumuman dan membuka link pendaftaran mudah-mudahan besok mereka bisa antusias kesini dimulai pukul 09.00 WIB dan setiap pendonor darah akan kita kasih voucher belanja sebesar Rp 5 ribu di Logmart," terang Jufri. 

Gerai UMKM

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur Andromeda Qomariah merespons baik atas kegiatan Ekraf Exhibition Jatim Bangkit yang juga disisipi oleh kegiatan-kegiatan sosial seperti donor darah yang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas. 

Pihaknya menyebutkan, UMKM di Jawa Timur merupakan backbone atau tulang punggung dari perekonomian yang ada di Jawa Timur. Pasalnya, kegiatan UMKM telah menyumbang nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Jawa Timur. "Tahun 2020 kemarin UMKM telah berkontribusi terhadap PDRB sebesar 57,25 persen, tentu sangat luar biasa," ujar Andro. 

Karena meskipun di masa pandemi Covid-19 para pelaku UMKM selalu merespons cepat terhadap perkembangan yang ada. Hal itu yang membuat kegiatan dari pelaku UMKM sangat memberikan dampak pada PDRB Jawa Timur. 

Lebih lanjut, Pimpinan Cabang BRI Malang Soekarno-Hatta Rahmat Utomo mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Ekraf Exhibition Jatim Bangkit yang melibatkan banyak pelaku UMKM di Jawa Timur. 

Karena menurutnya ini merupakan penggerak awal menuju kebangkitan perekonomian pelaku UMKM di Jawa Timur salah satunya dengan diluncurkannya Logmart, sebuah mini market yang menampung barang-barang dari pelaku UMKM. 

"Ini bisa menggerakkan perekonomian daerah melalui Jatim Bangkit. Logmart menerima barang dari UKM dan pembayaran tidak tempo dan membuka peluang tenaga kerja," kata Rahmat. 

Selain itu, BRI akan bergerak dibalik layar untuk membantu perkembangan para pelaku UMKM yang ada di Jawa Timur. Salah satunya terkait mekanisme pemberian kredit usaha rakyat maupun kredit mikro. "BRI akan berperan di balik layar seperti penyaluran kredit. Apakah kredit KUR, kredit mikro itu bisa kita bantu," pungkas Rahmat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
ekraf exhibitionjufri nazMall Dinoyo Cityandromeda qomariah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru