Lindungi Pelajar dari Kekerasan Seksual, Fisik, dan Bullying, Yayasan Eka Mandiri Buat SOP

Mar 16, 2022 18:29
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat bersama pengajar di Gedung Bina Bhakti Praja, kawasan Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (16/3/2022).
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat bersama pengajar di Gedung Bina Bhakti Praja, kawasan Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (16/3/2022).

JATIMTIMES - Maraknya kasus kekerasan seksual, bullying, dan sebagainya, membuat Yayasan Eka Mandiri di Kota Batu, berkomitmen untuk melindungi pelajarnya. Salah satunya dengan membuat Standard Operating Procedure (SOP) di Gedung Bina Bhakti Praja, kawasan Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (16/3/2022).

SOP yang dibuat itu terkait perlindungan diri anak dari kekerasan fisik, seksual, psikologis, bullying dan diskriminatif. Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Kepala Dinas Pendidikan Eny Rachyuningsih, Ketua Yayasan Eka Mandiri Mistin, serta Kepala Sekolah dan Guru TK se-Kota Batu.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, tenaga pendidik harus menjaga, memberikan pemahaman bagi anak baik di lingkungan sekolah umum, maupun sekolah khusus. Juga harus menjadi institusi yang melindungi, mengayomi, mendidik anak-anak.

“Institut yang mengayomi dan mendidik anak, memberikan pendidikan yang baik dan memberikan perlindungan sebaik-baiknya,” ujar Dewanti.

Sementara itu Ketua Yayasan Eka Mandiri, Mistin mrnambahkan, kegiatan ini penting untuk memberikan wawasan kepada kepala sekolah dan guru untuk menciptakan sekolah yang ramah anak. “Selain orang tua di rumah, guru juga memiliki tanggung jawab untuk melindungi anak-anak di sekolah,” ujar Mistin.

Mengingat kasus kekerasan seksual, kekerasan fisik pada anak masih kerap terjadi di Kota Batu. Karena itu dengan dibuatnya SOP nanti, tidak ada kasus serupa yang menimpa anak di Kota Batu.

Beberapa kasus kekerasan seksual terjadi sekolah Selamat Pagi Indonesia yang saat ini kasusnya terus bergulir. Kemudian kekerasan fisik terhadapa anak di bawah umur. Kini tersangka sudah masuk bui.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
yayasan eka mandiriperangi bulliyinglawan bulliying

Berita Lainnya

Berita

Terbaru