Terus Berproses, Kampus 3 UIN Malang Siap Jadi Destinasi Pendidikan Dunia

Mar 15, 2022 13:25
Rektor UIN Malang Prof Dr Zainudin saat beraudiensi dengan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Istimewa).
Rektor UIN Malang Prof Dr Zainudin saat beraudiensi dengan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Kementerian Agama (Kemenag) RI, khususnya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang), bersiap menyambut Saudi Fund for Development (SFD). SFD direncanakan segera hadir memantau progres pembangunan Kampus 3 UIN Maliki Malang, pada Kamis (17/3/2022) mendatang.

Melalui pendanaan dari FSD, UIN Maliki Malang membangun proyek fisik seperti gedung Fakultas Kedokteran, Farmasi, Sains dan Teknologi, Pertanian dan Perikanan, serta pembangunan Laboratorium, Pesantren (Ma’had), Halal Center, dan sarana lainnya.

Seperti diketahui, SFD sendiri merupakan pemberi dana pembangunan Kampus 3 UIN Malang dari Kerajaan Arab Saudi. Dana yang dihibahkan juga bernilai fantastis. Kurang lebih dengan nilai Rp 1 Triliun. Dana tersebut tentunya akan dimanfaatkan untuk pembangunan sarana prasarana yang estetik dan modern, serta meningkatkan kualitas pendidikan UIN Maliki Malang.

Rektor UIN Malang, Profesor Zainuddin, menyampaikan, jika dalam proses pembangunan kampus 3 UIN Maliki Malang, tidaklah sembarangan. Terdapat konsep yang begitu menarik dan mempunyai arti.  

Desain bangunan kampus 3 akan dibuat sedemikian rupa, sehingga jika dilihat dari atas akan membentuk kaligrafi berlafaz basmallah. Dengan konsep pembangunan kawasan kampus 3 ini, diharapkan mampu menjadi desain yang terbaik di dunia. 

"Lokasi pembangunan kampus yang berada di pegunungan dengan hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa," paparnya.

Hal ini tentunya juga selaras dengan cita-cita UIN Malang sebagai destinasi pendidikan dunia, serta selaras dengan UIN Malang yang merupakan kampus unggul bereputasi internasional yang memadukan sains dan Al-Qur'an dalam proses pembelajaran.

"Cita-cita kita menjadikan UIN Malang sebagai destinasi pendidikan dunia. Kalau orang dulu belajar ke Mesir, sekarang cukup di Malang. Bahkan mahasiswa dari luar negeri belajarnya ke Malang," ujar Zainudin saat beraudiensi dengan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam pertemuan dengan Menag, Yaqut Cholil Qoumas, turut hadir juga, Direktur Jendral Pendidikan Islam, M Ali Ramdhani, Wakil Rektor 4 UIN Maliki Malang, Dr Isroqunnajah MAg dan rombongan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Universitas Islam Negeri Maulana Malik IbrahimUIN MalangUIN Maliki MalangRektor UIN MalangKampus 3 UIN MalangBerita PendidikanBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru