Raih Gelar Doktor di UIN Malang, Koordinator Sekjen Kemenag: Semoga Bisa Berkontribusi untuk Masyarakat

Mar 14, 2022 19:00
Koordinator Kebijakan dan Evaluasi Program Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Agama  H Ridawan, raih gelar doktor di UIN Maliki Malang. (Foto: Ist)
Koordinator Kebijakan dan Evaluasi Program Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Agama  H Ridawan, raih gelar doktor di UIN Maliki Malang. (Foto: Ist)

JATIMTIMES - Koordinator Kebijakan dan Evaluasi Program Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Agama 
H Ridawan yang juga salah satu dosen Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menjalani ujian terbuka atau ujian promosi doktor pada Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Arab di Pascasarjana UIN Maliki Malang

Dalam ujian yang berlangsung Jumat (11/3/2022) itu, terdapat beberapa penguji yang diketuai oleh Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr HM ZainuddinnMA, Penguji utama Prof Dr H. Moh Isom Yusqi MAg, Prof Dr H Uril Bahruddin MA dan Dr Hj Mamluatul Hasanah MPd selaku penguji, Drs H Basri MA PhD, selaku sekretaris dan Promotor Dr Hj Umi Machmudah, MA dan Co Promotor Dr Abdul Wahab Rosyidi MPd.

Dalam ujian doktor tersebut, Ridwan berhasil meraih gelar doktor usai mengusung judul disertasi  "Tatbiq siasah wizaaroh assyu'un addiniyah fi ta'limi fi lughotil arobiyah 'ala dhu'issiasah al lughawiyah Bernard Spolsky fi Madrosati Tsanawiyah al islamiyah al hukumiyah tsaniyah Malang wal madrasati tsanawiyah al Aliyah al qodri Jember" atau yang bermakna "Implementasi kebijakan Kementerian Agama untuk pembelajaran bahasa Arab dalam prespektif politik bahasa Bernard Spolsky di Madrasah Aliyah Negeri Dua Malang dan Madrasah Aliyah Alqodri Jember".

Hasil ujian tersebut, tim penguji  yang terdiri dari tujuh orang memberikan nilai yang sangat memuaskan sekali. Sehingga Ridwan berhak dan resmi dikukuhkan menjadi doktor bahasa Arab dan menyandang gelar doktor.

Dr H Ridwan menyampaikan, apa yang telah diraih ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan ilmu bahasa Arab, sekaligus diharapkan berkontribusi dalam pengembangan lembaga UIN Maliki Malang.

Selain itu, dirinya juga berharap, gelar doktor yang kini telah dicapainya dalam dunia akademisi ini bisa membawa berkah dan manfaat seluas-luasnya bagi diri dan masyarakat. 

"Semoga ilmu pengetahuan yang saya miliki ini bisa memberikan kontribusi baik bagi institusi maupun masyarakat secara luas," tutur Dr Ridwan yang juga dosen Bahasa Arab UIN Maliki Malang itu.

Sementara itu, usai dinyatakan lulus dengan nilai yang sangat memuaskan, Ridwan mendapatkan ucapan selamat dari para kolega atas gelar doktoral yang diraihnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
dr h ridwandoktor uin malangUIN MalangUIN Maliki MalangBerita PendidikanBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru