Setahun Hasilkan 5 Ton Sayur, Kampung Oraganik Hadir di RW 2 Desa Mojorejo Kota Batu

Mar 13, 2022 14:43
Ketua PKK Kota Batu Wibi Asri Santoso saat memukul gong di Gang Kolam RW 2 Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Minggu (13/3/22).
Ketua PKK Kota Batu Wibi Asri Santoso saat memukul gong di Gang Kolam RW 2 Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Minggu (13/3/22).

JATIMTIMES - Kreativitas desa/kelurahan terus dimunculkan di Kota Batu. Kali ini Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko melaunching Kampung Organik RW 2 Desa Mojorejo, Kecamatan Mojorejo, Kota Batu, Minggu (13/3/22).

Di-launchingnya Kampung Organik ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, juga Ketua PKK Kota Batu Wibi Asri Santoso di Gang Kolam RW 2 Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. Juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Desa Mojorejo, tokoh-tokoh masyarakat, warga setempat serta berbagai organisasi kepemudaan.

Kegiatan yang diinisiasi masyarakat RW 2 ini merupakan usaha untuk meningkatkan ketahanan pangan melalui ketersediaan sayuran organik. Kemudian untuk membantu perekonomian rumah tangga warga.

Juga mendukung Unit Mikro Kecil Menengah (UMKM) sekitar, sekaligus mendukung program pemerintah untuk Go Organik. Ketua RW 2 Desa Mojorejo, Ismi mengatakan, dalam jangka panjang harapannya Kampung Organik ini bisa dikembangkan menjadi kampung wisata organik.

“Supaya ke depan bisa menjadi Kampung Edukasi organik dan menjadi tujuan studi banding daerah lain. Dan bermanfaat,” ucap Ismu.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, menambahkan, pemasaran dari sayuran organik dan UMKM bisa dibantu oleh Pemkot Batu melalui berbagai cara. Mulai dari seperti menggelar pameran di Balai Kota Among Tani.

Apalagi sebelum di-launching, Kampung Organik ini sudah mampu menghasilkan 5 ton dalam setahun, namun permintaan masih tinggi.

“Sudah ada permintaan dari Jogja untuk sayuran organik, namun masih belum bisa terpenuhi, semoga kedepannya RW-RW lainnya bisa berkolaborasi untuk memenuhi permintaan tersebut.” terang Dewanti.

Dewanti berharap, program tersebut bisa menambah pemasukan keluarga dan mensejahterakan masyarakat bisa terus berjalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kampung organikkampung organik kota batuPemkot Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru