33 Gubernur ke IKN Nusantara Bawa Air dan Tanah dari Daerah Masing-masing, Mahfud MD Ungkap Maknanya

Mar 13, 2022 13:14
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: IST)
Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: IST)

JATIMTIMES - Seluruh gubernur dari 33 provinsi di Indonesia, diundang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berkemah di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan membawa air dan tanah dari daerah masing-masing. 

Air dan tanah itu nantinya akan dijadikan 1 di dalam kendi. Menanggapi hal tersebut, Menko Polhukam Mahfud Md mengungkap maknanya. 

Mahfud mengatakan bahwa kegiatan mencampurkan air dan tanah tersebut melambangkan persatuan.

"Dari Bengkulu, dari Papua Barat, dari Papua, dari Kalimantan, dari Sumatera Barat, Aceh, semua berkumpul di sana," kata Mahfud dikutip dari laman resmi Kemenko Polhukam, Minggu (13/3/2022).

Mahfud juga mengajak masyarakat untuk menjaga tanah air Indonesia karena ada keberagaman di dalamnya. Ia lantas menyebut 2 kilogram tanah dan 1 liter air yang akan dibawa oleh masing-masing gubernur sudah mewakili seluruh suku dan agama di masing-masing provinsi.

"Inilah tanah, air kita. Indonesia, Tanah Air. Maka kita harus jaga Tanah Air kita. Simbolik apa yang muncul dari itu? Keberagaman," ujar Mahfud.

Lebih lanjut, ia mengatakan kegiatan mencampurkan air dan tanah dari 33 provinsi ini akan menjadi hal yang menarik ke depan. Menurutnya hal tersebut sebagai bentuk adat untuk mempersatukan seluruh keberagaman yang ada di Indonesia. 

"Tidak usah 100 tahun lah, mungkin 30 tahun itu menjadi cerita yang sangat menarik. Bagaimana kita berupacara melalui adat kenegaraan dan keagamaan, digabung di situ, untuk masuk ke ibu kota baru," ungkap Mahfud. 

Seperti diketahui, Presiden Jokowi hari ini dijadwalkan untuk berkemah nanti malam di titik nol IKN Nusantara. Seluruh gubernur diundang dan diminta membawa air dan tanah yang nantinya akan digabung dalam kendi khusus bernama Nusantara.

Kendi itu rencananya akan disimpan di titik nol IKN. Jokowi akan kemah di IKN mulai hari ini Minggu (13/3/2022) sampai Selasa (15/3/2022). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
ibu kota nusantaragubernur se indonesiaMahfud MD

Berita Lainnya

Berita

Terbaru