Pilkada 2024, Bawaslu Kota Batu Ajukan Anggaran Rp 7,6 Miliar

Mar 12, 2022 14:58
Bawaslu Kota Batu saat audiensi bersama Wali Kota Batu beberapa saat lalu.
Bawaslu Kota Batu saat audiensi bersama Wali Kota Batu beberapa saat lalu.

JATIMTIMES - Pada Penyelenggaran Pemilihan kepala daerah yang rencananya bakal berlangsung tahun 2024 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu mengusulkan anggaran sejumlah Rp 7,6 Miliar.

Anggaran tersebut rencananya akan mulai dimanfaatkan 12 bulan sebelum pelaksanaan Pilkada. Sehingga pada Desember 2023 saat dimulainya tahapan, harus sudah ada anggaran tersebut.

Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman, ST mengatakan, pengajuan anggaran sudah diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Batu. Pengajuan anggaran tersebut kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi urusan politik.

Pencairannya nanti, dalam bentuk dana hibah. Dari besaran anggaran tersebut bisa juga mengalami penurunan jika mendapatkan anggaran dari Bawaslu Provinsi.

“Anggaran yang kami usulkan Rp 7,6 Miliar. Tapi ini bisa turun kalau kita dapat sharing anggaran dari Bawaslu Provinsi. Mengingat 2024 nanti, pelaksanaannya Pilkada serentak,” kata Rochman.

Dijelaskannya, Bawaslu Kota Batu bakal melakukan rangkaian kegiatan. Mulai roadshow ke sejumlah pemangku kebijakan. Antara lain, mendatangi Wali Kota Batu dan Kejaksaan Negeri Kota Batu hingg hearing.

“Beberapa saat lalu kami sudah hearing dengan Ibu Wali Kota, dan sebelumnya juga sudah ke Kejari Batu. Selain bersilaturahmi, kebetulan Kejari Batu nanti juga menjadi bagian dari Sentra Gakkumdu,” pungkasnya.

Pada kesempatan audiensi Bawaslu Kota Batu bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, ada beberapa hal yang disampaikan, mulai dari persiapan teknis tahapan Pemilu, juga kesiapan Pengawasan Bawaslu menyambut Pelaksanaan Pemilu 2024.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
PilkadaPilkades SerentakKota BatuPilkada Kota Batuanggaran pilkada kota batuanggaran pilkada kota batu 2024pemilu 2024Dewanti Rumpokoberita kota batuBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru