Dongkrak Pendapatan, Bapenda Kota Malang Pasang E-Tax Persada Setiap Pekan di 20 Lokasi

Mar 11, 2022 20:19
Launching SPPT PBB Tahun 2022 dan Aplikasi E-Tax Persada Bapenda Kota Malang pada hari Kamis (24/2/2022) lalu. (Foto: Dok. JatimTIMES)
Launching SPPT PBB Tahun 2022 dan Aplikasi E-Tax Persada Bapenda Kota Malang pada hari Kamis (24/2/2022) lalu. (Foto: Dok. JatimTIMES)

JATIMTIMES - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang telah memasang E-Tax Aplikasi Online Restoran dan Subjek Pajak Daerah Lainnya (Persada) di 391 titik lokasi. Pemasangan aplikasi tersebar di restoran, hotel, tempat hiburan hingga tempat parkir. 

Kepala Bapenda Kota Malang Handi Priyanto mengatakan, sistem E-Tax Persada merupakan inovasi pelayanan dari Bapenda Kota Malang fungsionalitasnya berbasis android yang mempermudah akses wajib pajak. 

Di mana sekitar 2.600 titik lokasi yang nantinya akan dipasang sistem E-Tax Persada pada layanan Bapenda Kota Malang sendiri dan yang berkolaborasi dengan Bank Jatim, hingga Bulan Maret 2022 ini sudah terpasang di 391 titik lokasi. "Hal itu terbagi dari Subaga 279 dan Kartem 59, yang Persada ini 53," ungkap Handi kepada JatimTIMES.com. 

Sedangkan untuk mencapai target pemasangan E-Tax Persada tersebut, Handi menargetkan untuk setiap pekan dapat terpasang di 20 titik lokasi baru. 

Saat ini sistem E-Tax Persada sudah terpasang di beberapa titik, di antaranya Kantor Bapenda Kota Malang, Hotel Riche, Hotel Pelangi II, Hotel Trio Indah, De Pavilion Guest House, De Malang Sweet Homestay Syariah, Hotel Tirto dan lain-lain. 

Pihaknya pun juga memiliki target sasaran pemasangan sistem E-Tax Persada. Yakni lebih diprioritaskan dipasang di warung atau restoran yang hingga saat ini masih menggunakan sistem pembayaran manual. Hal itu untuk memudahkan para wajib pajak dalam membayarkan pajaknya. 

Lebih lanjut, untuk E-Tax Persada ini hadir dengan keunggulan system Point Of Sales (POS). Di dalam sistem tersebut memberikan informasi transaksi penjualan berbasis web dan android bagi wajib pajak serta menu data stok barang, hingga laporan penjualan. 

"Seperti penjual bakso yang masih menggunakan sistem manual, itu tinggal download di Handphone (HP) atau laptopnya, maka sudah bisa menjadi sistem pembayaran," terang Handi. 

Handi pun berharap, dengan adanya inovasi layanan bagi wajib pajak melalui sistem E-Tax Persada dari Bapenda Kota Malang ini dapat dimaksimalkan oleh seluruh elemen wajib pajak. 

Hal itu bertujuan untuk mempermudah pemantauan, membantu meningkatkan jumlah pendapatan asli daerah Kota Malang, khususnya yang berasal dari pajak restoran, hotel, hingga tempat hiburan. 

"Akan dilakukan semaksimal mungkin, karena semakin banyak yang terpasang, semakin banyak kita bisa memastikan berapa pajak restoran, hotel dan tempat hiburannya," pungkas Handi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Bapenda Kota MalangHandi Priyantoe tax persada

Berita Lainnya

Berita

Terbaru