Pemkot Malang Kaji Pembebasan Lahan untuk Akses ke Jembatan Tunggulmas

Mar 11, 2022 19:42
Tampak pintu keluar/masuk area Jembatan Tunggulmas dari arah Jalan Raya Tlogomas, Kota Malang. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Tampak pintu keluar/masuk area Jembatan Tunggulmas dari arah Jalan Raya Tlogomas, Kota Malang. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES- Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Pemerintah Kota Malang tengah mengkaji pembebasan lahan untuk akses keluar masuk Jembatan Tunggulmas (Tunggulwulung-Tlogomas) dari arah Jalan Raya Tlogomas.

Rencana pembebasan lahan itu sebagaimana disampaikan oleh Wali Kota Malang Sutiaji. Pembebasan lahan dilakukan agar akses keluar/masuk ke Jembatan Tunggulmas lebih lebar. Dengan demikian, kemacetan akibat sempitnya ruas jalan bisa segera teratasi. "Masih dikaji Mas (bangunan) samping kiri itu (jembatan Tunggulmas, Red) kan/," ungkap Sutiaji kepada JatimTIMES.com.

Sedangkan untuk rencana pemasangan traffic light yang sempat diwacanakan oleh pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang di dua titik yakni di depan pintu masuk ke SMK PGRI 3 Malang dan di dekat pintu masuk ke Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

"Jalan Raya Tlogomas bukan domain kami, itu provinsi. Maka hanya sebatas ngasih traffic saja harus koordinasi dengan provinsi insya allah kajian Bulan April awal mudah-mudahan ada percepatan DED (Detail Engineering Design)," jelas Sutiaji.

Sementara itu, Kepala DPUPRPKP Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi menjelaskan, terkait pembebasan lahan di akses keluar/masuk dari arah Jalan Raya Tlogomas ke Jembatan Tunggul Mas memang belum dilakukan.

"Upaya selalu ada, dulu kan awalnya desainnya jembatan itu memang yang satu itu termasuk yang dibebaskan. Tapi mengalami kesulitan sehingga akhirnya desainnya agak belok dikit ya," jelas Diah.

Alhasil saat diresmikan pada hari Kamis, 24 Februari 2022 lalu, bangunan Jembatan Tunggulmas agak berbelok yang dari arah Jalan Raya Tlogomas, karena terdapat bangunan yang masih belum dibebaskan. "Doakan saja mudah-mudahan ada jalan untuk membebaskan itu," kata Diah.

Pasalnya, untuk tahapan komunikasi dengan pemilik bangunan terus dilakukan oleh Pemkot Malang. Namun hingga saat ini masih belum disepakati untuk dilakukan pembebasan agar akses keluar/masuk Jembatan Tunggul Mas dari Jalan Raya Tlogomas lebih lebar.

"Kalau komunikasi itu terus dilakukan, tinggal nanti deal nya kapan, baru setelah deal kami anggarkan. Kalau anggaran (pembebasan lahan) tahun 2022 belum ada," tandas Diah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Sutiajijembatan tunggulmasDiah Ayu Kusumadewi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru