Tips Menggosok Gigi Anak yang Benar dari Dokter RSI Unisma, Mama Simak Yuk

Mar 11, 2022 17:23
Dokter spesialis kesehatan gigi anak RSI Unisma Malang drg Dian Lupitasari Sp KGA. (Ist)
Dokter spesialis kesehatan gigi anak RSI Unisma Malang drg Dian Lupitasari Sp KGA. (Ist)

JATIMTIMES - Mengetahui cara menyikat gigi anak yang benar sangatlah penting. Hal ini tentunya  untuk mencegah timbulnya permasalahan kesehatan gigi pada anak seperti gigi berlubang, infeksi gusi, hingga bau napas tak sedap. 

Lantas bagaimana  cara menyikat gigi yang benar pada anak? Yuk moms, simak tips dari dokter gigi dari Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma Malang.

Dokter spesialis kesehatan gigi anak RSI Unisma drg Dian Lupitasari Sp KGA menyampaikan, terdapat teknik dalam menyikat gigi yang benar, khususnya pada anak. Tetapi, perlu disiapkan peralatan menyikat gigi, yakni pasti gigi dan sikat gigi yang sesuai dengan rongga mulut anak.

1

Pengunaan pasta gigi, khususnya pada balita, juga tidaklah sembarang. Hanya mengunakan sedikit sekali pasta gigi pada ujung sikat.

Untuk menyikat gigi, lakukan gerakan sikat dari gusi ke gigi. Setelah gigi depan selesai, lakukan hal yang sama sampai pada sisi gigi hingga belakang. 

"Begitu pun pada rahang bawah. Dari gusi ke gigi, dari belakang ke depan dan lakukan terus hingga bersih," tuturnya.

Selain bagian gigi depan, pada permukaan sisi gigi atas juga harus dilakukan pembersihan dengan menyikat gigi. Cara menyikat adalah dengan menyikat gigi satu arah ke depan. Hal ini juga berlaku untuk permukaan gigi bawah pada rahang atas. 

2

Hal yang juga  penting adalah menyikat permukaan lidah. Lakukan menyikat lidah dengan gerakan satu arah, mulai belakang ke depan. Hal ini tentunya untuk membersihkan lidah, termasuk juga untuk menjaga kesehatan mulut. "Setelah itu lakukan kumur tiga kali agar  sisa sisa busa pasta gigi hilang," jelasnya.

Selain itu,  Puspita mengimbau agar rutin untuk memeriksa kesehatan gigi. Paling tidak satu kali setiap enam bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Gosok gigi anakGosok gigi yang benar pada anakRSI UnismaDokter spesialis kesehatan gigi anak

Berita Lainnya

Berita

Terbaru