Longsor Susulan di Tebing Sumber Ngepoh Lawang, Puluhan Warga Disarankan Mengungsi

Mar 10, 2022 14:21
Salah satu warga menunjukan titik longsor susulan di Desa Sumber Ngepoh, Lawang, Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).
Salah satu warga menunjukan titik longsor susulan di Desa Sumber Ngepoh, Lawang, Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Longsor susulan terjadi di sekitar wilayah Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang Kabupaten Malang, pada Kamis (10/3/2022) siang. Longsor tersebut terjadi di area sekitar hutan di tebing desa tersebut. 

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Malang Sadono Irawan membenarkan kabar tersebut.  "Iya benar pukul 10.00 terjadi longsor susulan di titik yang sama," ujar Sadono saat dihubungi Kamis (10/3/2022) siang. 

Longsor itu terjadi terjadi di sekitar cerobong milik PT Molindo Raya. Sebelumnya, di titik tersebut juga juga terjadi longsor pada Selasa (8/3/2022). Pepohonan yang ada di lahan dengan luas sekitar 6 hektare itu ikut terbawa longsor. Akibatnya, material longsor itu menutupi lahan pertanian warga. 

"Iya menutupi. Lahan pertanian tertimbun longsor. Tidak ada korban lainnya karena posisi tidak ada warga," ujar Sadono.

Sadono mengatakan, hingga saat ini upaya pembersihan material longsor masih belum dilakukan. Sebab, dari pantauannya, ada kemungkinan terjadi longsor susulan.  Apalagi, sisa material longsor tersebut juga dinilai berpotensi menimbulkan banjir bandang.  "Belum (dibersihkan) karena masih labil kondisinya," imbuh Sadono.

Saat ini, 50 kepala keluarga yang merupakan warga  sekitar dan  tinggal di pinggiran Sungai Welang disarankan untuk mengungsi ke tetangga atau saudaranya yang jauh dari pinggiran sungai itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Longsor susulan di LawangLongsor di LawangBerita MalangBPBD Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru