Delegasi W20 Dibuat Takjub Mal Bunga Kota Batu, Pedagang Mulai Ekspor

Mar 09, 2022 18:05
Para delegasi saat melihat bunga di Mall Bunga di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu Rabu (8/3/2022).
Para delegasi saat melihat bunga di Mall Bunga di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu Rabu (8/3/2022).

JATIMTIMES - Salah satu  destinasi wisata Mal Bunga di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu sukses mencuri perhatian para delegasi W20. Bahkan mereka dibuat terheran-heran dengan berbagai jenis bunga yang disuguhkan di hari kedua side even ke-2 Women 20 (Women Enterpreneurs as Key to Economic Inclusion), Rabu (8/3/2022).

Salah satu sentra tanaman hias yang dikenal se-Indonesia itu mendapatkan apresiasi karena dianggap sebagai lambang nyata dari sosok perempuan. “Saya terheran ada tempat wisata bunga, dengan UMKMnya yang jual bisa sebanyak dan sepanjang ini,” kagum Chair Women W20, Hadriani Uli Silalahi.

Baca Juga : Tinjau Distribusi Migor Curah, Wali Kota Kediri: Pedagang Harus Jual sesuai dengan HET

Apalagi sejak masa pandemi covid-19, daya beli masyarakat terhadap bunga mulai merangkak secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan mulai bermunculannya tanaman kelas koleksi serta peningkatan eksport terhadap tanaman juga mulai naik.

Melihat hal tersebut kedepannya bisa menjadi percontohan oleh daerah lain. "Ini bisa menjadi motivasi bagi daerah lain. Apalagi Wali Kota Batu tadi juga menguraikan beberapa pelaku usaha juga sudah melakukan eksport secara mandiri,” imbuh Uli.

Memang di Mal Bunga tersebut menyuguhkan beragam jenis dan warna bunga. Bahkan ada koleksi termurah hingga termahal ada di sana. Ditambah fasilitas yang dihadirkan di sana.

Bagi yang berbelanja disiapkan troli layaknya belanja sepeti di supermarket karena menyesuaikan namanya yakni Mal Bunga. Fasilitas troli sebanyak 100 unit juga untuk mendukung pengembangan desa wisata tersebut.

Dengan fasilitas troli menjadikan konsumen tidak berat mengangkat tanaman yang dibelanjakan. Keuntungan lainnya pembeli juga bisa berolahraga dengan berjalan dan berjemur sehingga mendukung kesehatan kondisi tubuh. Luas lahan yang ada di sana ada lima hektare dipenuhi dengan tanaman. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq menjelaskan, Dinas Pariwisata Kota Batu juga bekerja sama dengan Bank Jatim untuk mekanisme pembayaran.

Baca Juga : Puji Kementerian yang Dipimpin Tito Karnavian, Gubernur Khofifah: Sangat Membantu Daerah

Teknisnya, wisatawan yang membeli bunga di Mal Bunga Sidomulyo tak perlu menggunakan uang tunai. “Mereka dapat bertransaksi dengan memanfaatkan layanan quick response code Indonesian standard (QRIS),” terang Arief.

Bahkan setiap pembelian di sana lebih mendorong untuk pembayaran non tunai. Tidak hanya itu saja menurut Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko para pedagang di Mal Bunga sudah menjajaki ekspor meski belum skala besar.

“Para pedagang ini sudah eskport cuman memang belum yang besar, karena itu kita dorong supaya lebih meningkat,” ujar Dewanti. Apalagi dengan adanya kunjungan dalam even internasional bisa menunjang daya ekspor.

“Semoga dengan even international ini daya beli semakin tinggi, sehingga perekonomian para perempuan yang rata-rata jual di sini bisa mendunia,” harap Dewanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kota Batuw 20mal bungamal bunga sidomulyoArief As Siddiq

Berita Lainnya

Berita

Terbaru