Polda Jatim Waspadai Longsor Susulan di Tol Mapan

Mar 09, 2022 16:21
Pembersihan sisa material di km 78 Ruas Tol Mapan menggunakan alat berat.(Foto: Riski Wijaya/JatimTIMES).
Pembersihan sisa material di km 78 Ruas Tol Mapan menggunakan alat berat.(Foto: Riski Wijaya/JatimTIMES).

JATIMTIMES - Polda Jatim hingga saat ini masih mewaspadai kemungkinan adanya longsor susulan di km 78 ruas Tol Malang-Pandaan (Mapan). Setelah sebelumnya, longsor terjadi pada tebing penahan di km 78+900 ruas tol tersebut pada Selasa (8/3/2022) sore. 

Akibat peristiwa longsor tersebut, arus lalu lintas di ruas jalan itu sempat dialihkan. Baik dari Malang menuju Surabaya ataupun sebaliknya. Untuk kendaraan dari Malang dialihkan turun di Exit Tol Lawang, Malang. Sedangkan yang dari Surabaya dialihkan turun melalui Exit Tol Purwodadi, Pasuruan.

"Setelah kejadian ada satu titik yang kami waspadai. Jadi ada dua titik yang sudah longsor, satu titik kami waspadai," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, saat memantau pembersihan material longsor di Tol Mapan, Rabu (9/3/2022).

Untuk itu, pihaknya saat ini tengah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Provinsi Jatim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pengelola jalan tol yakni pihak Jasa Marga. Hal itu untuk menentukan langkah sebagai antisipasi longsor susulan. 

"Untuk melakukan pengecekan dan perbaikan dan pembersihan supaya kendaraan bisa berjalan," imbuh Irjen Pol Nico.

Dirinya menyebutkan, upaya pembersihan yang dilakukan hingga kemarin malam, jalan km 78 yang sempat ditutup tersebut saat ini sudah dapat dilalui. Meskipun masih terbatas. 

Berdasarkan pantauan di lapangan, dari dua jalur yakni menuju Malang atau Surabaya yang masing-masing terdapat dua lajur, saat ini satu lajur di setiap jalur sudah dapat dilalui. Informasi yang dihimpun, penggunaan satu lajur tersebut dilakukan di km 77 hingga km 79. 

"Untuk rencana kedepan kami akan melakukan pengecekan secara bersama untuk beberapa titik yang sudah kelihatan garis air. Sehingga bisa dilakukan upaya pencegahan dengan penguatan dan perbaikan tempat yang sudah rusak dan pencegahan untuk yang masih belum. Sehingga harapannya jalan tol ini tetap aman dan bisa dilalui oleh masyarakat," terangnya.

Hingga saat ini, proses pembersihan material longsor yang ada di badan jalan juga masih dilakukan hingga Rabu (9/3/2022). Sejumlah alat berat juga nampak dioperasikan dalam upaya pembersihan tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Polda Jatimnico afintatol Mapan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru