Inilah Sosok-Sosok Orang yang Pertama Melakukan Hal Bermanfaat di Islam

Mar 08, 2022 12:30
Ilustrasi (istimewa)
Ilustrasi (istimewa)

JATIMTIMES - Dalam sejarah Islam, banyak sosok yang melakukan perbuatan baik yang hingga saat ini masih diikuti. Siapa sajakah mereka?, simak ulasannya berikut diolah dari Ensiklopedia Al Fatih.

Dimulai dari orang yang pertama menulis Bismillah. Orang yang tersebut adalah adalah Nabi Sulaiman. Orang yang pertama minum air Zamzam adalah Nabi Ismail AS.  Orang yang pertama berkhitan adalah Nabi Ibrahim AS. Orang yang pertama diberikan pakaian pada saat hari kiamat, adalah Nabi Ibrahim.

Kemudian, orang yang pertama dipanggil Allah adalah Nabi Adam. Orang yang pertama mengerjakan sa'i antara Safa dan Marwah Sayyidatina hajar. Orang yang pertama dibangkitkan pada hari kiamat Nabi Muhammad. Orang pertama yang menjadi khalifah Islam abu Bakar as Siddiq  Orang yang pertama menggunakan kalender Hijriyah Umar bin Al Khattab.

Orang yang pertama meletakkan jabatan khalifah dalam Islam Hasan bin Ali Ra. Orang pertama yang menyusukan Nabi Muhammad Thuwaibah RA. Orang yang pertama syahid dari kalangan Islam khususnya lelaki Haris bin Abi halah. Dari kalangan wanita sumayyah binti Khabat. Orang yang pertama menulis hadis dalam kitab Abdullah bin Amru bin Al ash. Orang yang pertama memanah dalam perjuangan fisabilillah Saad bin waqqas.

Orang pertama yang menjadi Muazin dan menyerukan azan Bilal bin Rabah. Orang yang pertama sembahyang dengan Rasulullah adalah Ali bin Abi Thalib. Orang yang pertama membuat mimbar masjid adalah Tamim ad dary. Orang yang pertama menggunakan pedang dalam perjuangan fisabilillah adalah Zubair bin Al Awwam. Orang yang pertama menulis sejarah Nabi Muhammad adalah Ibban bin othamn bin Affan.

Orang yang pertama beriman dengan nabi Khadijah bt kbhuwalid. Orang yang pertama menjadi raja dalam Islam Muawiyah bin abi sufyan. Orang yang pertama membina Penjara dalam Islam adalah Ali bin Abi Tholib.  Orang pertama yang membuat perpustakaan umum adalah Harun ar-rasyid. Orang yang pertama mengadakan Baitul Mal adalah Umar bin Khattab. 

Orang yang pertama menghafal Alquran setelah Rasulullah adalah Ali bin Abi Thalib. Orang yang pertama membangun menara Masjid di Mekah adalah Khalifah abu Jafar Al Mansyur. Orang yang pertama mendapatkan gelar  Al Muqry adalah  Mus'ab bin Umair dan Orang yang pertama masuk dalam surga adalah  Nabi Muhammad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Nabi Sulaimanbismillah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru