Pekan Depan PTM di Kota Malang akan Diberlakukan 100 Persen

Mar 07, 2022 14:02
Wali Kota Malang Sutiaji saat ditemui di sela-sela kegiatan dinas beberapa waktu yang lalu. (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji saat ditemui di sela-sela kegiatan dinas beberapa waktu yang lalu. (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Di tengah kasus pandemi Covid-19 yang mulai melandai, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan segera menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen pekan depan. 

Hal itu disampaikan Wali Kota Malang Sutiaji setelah menggelar rapat bersama jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Malang di Ruang Sidang Balai Kota Malang. 

"Insya Allah mungkin (PTM) minggu depan lah sudah 100 persen. Kan ini sudah libur berapa minggu, tiga minggu sekarang, harapannya sudah bisa memutus mata rantainya," ungkap Sutiaji kepada JatimTIMES.com, Senin (7/3/2022). 

Sebelumnya, orang nomor satu di Pemkot Malang ini menyampaikan PTM bakal digelar pada hari Senin (7/3/2022) ini. Ternyata kegiatan PTM harus ditunda karena perlunya memerhatikan kasus Covid-19 di Kota Malang. 

Namun, beberapa hari ke belakang kasus Covid-19 di Kota Malang sedang mengalami tren yang mulai membaik. Pasalnya, persentase kasus aktif Covid-19 dan terkonfirmasi positif Covid-19 lebih rendah dari angka pasien yang berhasil sembuh dari Covid-19. 

Berdasarkan data pada infocovid19.jatimprov.go.id selama tiga hari ke belakang, perkembangan kasus Covid-19 melandai. Pada tanggal 4 Maret 2022, untuk kasus aktif Covid-19 berkurang 61 orang, tambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 141 orang, pasien yang berhasil sembuh dari Covid-19 bertambah 206 orang dan kasus meninggal dunia karena Covid-19 nihil. 

Kemudian tanggal 5 Maret 2022, kasus aktif Covid-19 berkurang 19 orang, tambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 198 orang, tambahan angka kesembuhan dari Covid-19 sebanyak 210 orang dan untuk tambahan pasien yang meninggal dunia Covid-19 sebanyak tujuh orang. 

Sedangkan pada tanggal 6 Maret 2022, kasus aktif Covid-19 berkurang 191 orang, tambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 116 orang, tambahan pasien yang berhasil sembuh dari Covid-19 sebanyak 307 orang dan untuk tambahan pasien Covid-19 yang meninggal dunia nihil. 

Sehingga total sementara saat ini untuk kasus aktif Covid-19 sebanyak 1.421 orang, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 27.199 orang, pasien yang berhasil sembuh 24.615 orang dan pasien yang meninggal dunia karena Covid-19 sebanyak 1.163 orang. 

"Mudah-mudahan nanti kita sudah bisa melakukan relaksasi di semua titik, tapi tetap pakai masker. Maka minggu depan sudah mulai PTM lagi, saya juga akan minta kepada para Rektor sudah ada kelonggaran," jelas Sutiaji. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang Suwarjana mengatakan, dengan mulai melandainya kasus Covid-19 di Kota Malang pihaknya akan segera melakukan koordinasi dan menunggu arahan dari jajaran Satgas Covid-19 Kota Malang. 

"Keseluruhan sudah siap semua, kan kita isian pakai google form untuk izin orang tua, guru semua siap mau 50 atau 100 persen siap," tegas Suwarjana. 

Selain itu, pihaknya juga mempersiapkan mekanisme sterilisasi untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh tenaga pengajar serta para siswa-siswi di masing sekolah di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

"Pagi 50 persen jam 7 sampai jam 11, habis itu istirahat untuk disemprot yang tahap kedua 50 persen jam 12 sampai jam 3. Pokoknya kita harus terus evaluasi mudah-mudahan terus turun ya," pungkas Suwarjana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
ptm kota malangpembelajaran tatap muka

Berita Lainnya

Berita

Terbaru