Calvaria UIN Malang Raih Penghargaan Lembaga Ilmiah Terbaik Wilayah 4 di IMSS

Mar 07, 2022 13:35
Sertifikat penghargaan yang diraih Calvaria UIN Malang di IMSS (Ist)
Sertifikat penghargaan yang diraih Calvaria UIN Malang di IMSS (Ist)

JATIMTIMES - Medical Review and Research (Calvaria) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang berhasil menorehkan prestasi membanggakan. 

Calvaria meraih penghargaan sebagai lembaga ilmiah yang terbaik wilayah 4 dalam ajang The 10th Indonesian Medical Student Summit (IMSS) 2022.

Seperti yang diketahui, IMSS merupakan pertemuan tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI). Helatan itu diselenggarakan secara hybrid pada 16-20 Februari 2022 oleh Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa, Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam IMSS terdapat rangkaian kegiatan, seperti musyawarah bagi mahasiswa kedokteran dari seluruh institusi yang tergabung dalam ISMKI serta badan kelengkapan ISMKI, yaitu Badan Analisis dan Pengembangan Ilmiah Nasional (BAPIN-ISMKI). 

BAPIN-ISMKI merupakan sebuah organisasi yang menaungi seluruh Lembaga Ilmiah Fakultas Kedokteran se-Indonesia. Saat ini, terdapat lebih dari 40 lembaga ilmiah yang tergabung dalam BAPIN-ISMKI, termasuk Calvaria yang berada di Wilayah 4.

Calvaria berkontribusi aktif di BAPIN-ISMKI terbukti dengan beberapa anggotanya yang terpilih sebagai Pengurus Harian Nasional bahkan Executive Board BAPIN-ISMKI. Selain itu, segudang kegiatan telah diikuti oleh Calvaria, mulai dari Temilnas 2021, PK20 BAPIN-ISMKI, Ambassador of JIMKI, dan event-event keilmiahan di bidang kedokteran lainnya.

Sementara itu, dalam IMSS 2022 itu, Calvaria mengirimkan 4 anggotanya sebagai delegasi. Prestasi yang diraih, tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Sebab, Sebagai lembaga ilmiah yang masih sangat muda di BAPIN-ISMKI tentunya hal ini sangat dapat memacu atmosfer keilmiahan dalam Calvaria.
 
“Tentunya rasa bangga kepada seluruh anggota Calvaria (Calvarians), mulai dari angkatan pertama hingga saat ini, sebab jerih payah mendirikan hingga berhasil menjadi anggota BAPIN telah membuahkan hasil yang sangat baik," ujar Yuwan Ihzudin.

Calvaria menunjukkan perkembangan yang nyata dengan ditetapkan menjadi anggota tetap BAPIN-ISMKI pada tahun 2021. 

Untuk diketahui bahwa Calvaria merupakan Badan Semi Otonom (BSO) di bawah HMPPD UIN Malang yang berdiri sejak 2 April 2019. BSO sendiri bertujuan untuk meningkatkan minat dan kompetensi mahasiswa PSPD FKIK UIN Malang di bidang ilmiah dengan mengadakan workshop kepenulisan, menyediakan informasi, dan sesi mentoring untuk persiapan lomba. 

“Semoga Calvaria tetap terus berkembang dan tidak cepat puas akan suatu pencapaian. Semoga di kepengurusan selanjutnya terdapat pencapaian-pencapaian yang lebih gemilang dari sebelumnya," pungkas Yuwan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
calvaria uin malangUIN Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru