Para Pembalap MotoGP Bertemu Jokowi sebelum Tampil di Mandalika

Mar 07, 2022 09:50
Marc Marquez (depan) saat beraksi di Sirkuit Losail, Qatar (foto: Instagram/Marc Marquez)
Marc Marquez (depan) saat beraksi di Sirkuit Losail, Qatar (foto: Instagram/Marc Marquez)

JATIMTIMES - Para pembalap top MotoGP bakal bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum mereka tampil di Sirkuit Mandalika pada seri 2 MotoGP 2022. 

Tapi, pertemuan bukan berlangsung di arena Mandalika. Pertemuan dijadwalkan di Istana Negara Jakarta, sebelum para rider MotoGP terbang ke Mandalika.

Menteri BUMN Erick Thohir yang mengungkapkan rencana pertemuan Marc Marquez dan kawan-kawan dengan Jokowi. Menurut Erick, pertemuan akan diadakan 16 Maret atau dua hari sebelum sesi latihan bebas pertama di Mandalika digelar.

"Saya ingin menyampaikan alhamdulillah nanti Rabu 16 Maret 2022, Presiden Joko Widodo akan menerima rombongan pembalap MotoGP yang berkenan hadir ke Jakarta," ujar Erick, Minggu (6/3/2022).

Selain Marc Marquez, Erick menyebut sejumlah nama besar lainnya bakal bertemu Jokowi. Yakni Maverick Vinales, Joan Mir, Andrea Dovizioso dan Francesco Bagnaia. Pembalap-pembalap MotoGP lainnya disebut juga akan ada di Jakarta.

Pertemuan Jokowi dan para pembalap MotoGP itu merupakan kesempatan yang luar biasa bagi Indonesia untuk bisa mempromosikan balap motor yang sangat besar. Apalagi Indonesia sudah punya Sirkuit Mandalika yang berstandar internasional. 

Selain itu, yang paling penting, kejuaraan  MotoGP tahun ini baru tahun pertama dan Indonesia  masih punya 9 tahun lagi untuk penyelenggaraan MotoGP.

Karena itu, Erick mengatakan persiapan yang  sudah lakukan pada penyelenggaraan  tahun pertama ini tentu tidak hanya datang dari Kementerian BUMN. Kementerian lain seperti Kementerian PUPR, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan para menteri koordinator sangat terlibat dalam gelaran MotoGP Mandalika 20 Maret nanti. 

"ini memang kerja bersama-sama dan gotong royong," ucap Erick.

Secara resmi, temasuk sesi latihan dan kualifikasi, MotoGP Mandalika yang bertitel Pertamina MotoGP Indonesia akan dilangsungkan pada 18-20 Maret 2022. Ini merupakan seri kedua MotoGP musim ini setelah balapan di Qatar, tadi malam. 

Seperti diketahui, balapan seri 1 di Sirkuit Losail, Qatar, dimenangkan pembalap Gresin Enea Bastianini.

Sirkuit Mandalika saat ini masih dalam pengaspalan ulang pada beberapa bagian. Aspal sirkuit ini dikeluhkan beberapa pebalap dan tim saat menggelar tes pramusim pada Februari lalu. Targetnya, pengaspalan ulang Mandalika selesai pada 10 Maret.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pembalap motogpPresiden JokowiSirkuit Mandalikaerick thohirMarc Marquez

Berita Lainnya

Berita

Terbaru