Perhatikan! Siksa Bertubi Akan Menimpa Kalian yang Meninggalkan Salat

Mar 06, 2022 08:11
Seseorang yang tengah shalat (pixabay)
Seseorang yang tengah shalat (pixabay)

JATIMTIMES - Salat lima waktu merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim. Salat merupakan kunci dari diterima atau tidaknya amalan yang dilakukan manusia, bahkan salat menjadi penentu yang paling urgen pada saat manusia ditimbang amalnya pada yaumil hisab.

Orang-orang yang mengerjakan salat akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Sebaliknya, orang yang meninggalkannya akan mendapat siksa pedih di neraka. Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang memelihara (mengerjakan) salat, maka ia akan mendapat cahaya (nur), petunjuk jalan dan kebebasan (selamat) pada hari kiamat. Barang siapa tidak memelihara salat, ia tidak akan mendapat cahaya, petunjuk jalan dan kebebasan. Bahkan di hari kiamat nanti ia akan bersama Qorun, Fir’aun, Haman dan Ubay bin Kholaf.” (HR.Ahmad dan Thabrani).

Hadist tersebut menjelaskan, orang yang meninggalkan salat, jika ia seorang pemimpin, maka akan masuk neraka bersama Fir’aun. Jika seorang pejabat akan masuk neraka bersama Haman. Lantas jika ia seorang hartawan, maka ia akan masuk neraka bersama Qorun, dan jika ia seorang saudagar (pedagang atau petani) maka akan masuk neraka bersama Ubay bin Kholaf.

Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwasanya orang yang suka melalaikan salat, maka pada hari kiamat akan datang dalam kedaan wajah terdapat tiga goresan tulisan. Pada goresan pertama tertulis, "Hai orang yang melalaikan hak Allah!". Pada goresan kedua tertulis, "Hai yang ditentukan dengan kemurkaan Allah!", dan pada tulisan ketiga tertulis, "Sebagaimana kamu lalaikan hak Allah di dunia, maka hari ini kamu terhapus dari rahmat Allah."

Referensi dari Al-Kaba_ir karya Syamsudin Ad-Dzahabi, dari Ibnu Abbas -Radiyallohu Anhuma beliau berkata, ketika tiba hari kiamat, datang seseorang yang kemudian berdiam di hadapan Allah SWT. Kemudian Allah menyuruhnya ke neraka. Maka orang tersebut berkata, "Wahai Tuhan, mengapa?" Kemudian Allah menjawab, "Karena mengakhirkan salat dari waktunya dan sumpahmu yang bohong dengan itu." 

Sementara itu, bagaimana siksa bagi orang-orang yang lalai dan sering meninggalkan salat?, dilansir dadi Madani, berikut ini azab Allah bagi mereka yang meninggalkan salat. 

Orang yang meninggalkan salat akan dihilangkan keberkahan usianya, dihapus aura orang-orang shaleh dari wajahnya; Di setiap amal kebaikan yang ia kerjakan tidak akan dijadikan sebuah pahala oleh Allah SWT; Doanya tidak akan diangkat ke langit, dan tidak ada bagian doa orang shaleh untuk yang meninggalkan salat.

Dan ketika mereka telah meninggal, masih ada siksa yang menunggu. Mereka yang meninggalkan salat akan mati dalam keadaan hina, ia akan mati kelaparan dan akan mati dengan penuh dahaga meskipun dialiri air lautan dunia.
Belum lagi ketika mereka di alam kubur, mereka juga mendapatkan siksa kubur, yakni akan disempitkan sampai tulang rusuk patah berserakan.

Mereka akan disiksa dengan api yang ada dalam kuburnya. Kubur mereka juga akan dicampuri oleh sejenis ular yang bernama As Suja'i dan Al Aqra'. Digambar wujudnya sangat mengerikan dengan memiliki dua mata yang terbuat dari api serta kuku dari besi dan suaranya mengerikan bagaikan petir yang menggelegar.

"Maka celakalah orang yang meninggalkan salat, (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap salatnya". (QS Al-Ma'un: 4-5).

Begitupun ketika mereka keluar kubur, siksaan pedih juga akan menanti yakni hisabnya akan lebih diberatkan dan mendapat amanah dari Allah serta masuk ke dalam neraka, (Na’udzubillah min dzaalik).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Salatkeutamaan salat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru