Anggota Dewan Dapil Kecamatan Bumiaji Diharapkan Kawal Satu Desa dalam Musrenbang

Mar 05, 2022 15:29
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menandatangangi Musrenbang di Balai Kecamatan Bumiaji.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menandatangangi Musrenbang di Balai Kecamatan Bumiaji.

JATIMTIMES - Peran anggota DPRD dari daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Bumiaji, Kota Batu diminta berperan mengawal usulan program satu desa dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Agar ke depan usulan bisa terakomodir dengan maksimal.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kota Batu Heli Suyanto saat menghadiri Musrendang Kecamatan Bumiaji. Pengawalan oleh anggota dewan itu dirasa penting agar bisa terakomodir dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

Melihat jumlah anggota dewan dari Kecamatan Bumiaji sebanyak 9 orang. Sementara di Kecamatan Bumiaji memiliki 9 desa.

Diantaranya Desa Punten, Desa Bulukerto, Desa Bumiaji, Desa Giripurno, Desa Sumbergondo, Desa Tulungrejo, Desa Gunungsari, Desa Pandanrejo, dan Desa Sumber Brantas.

“Jumlahnya pas dengan jumlah desa di Kecamatan Bumiaji, artinya satu anggota dewan mengawal satu desa," ungkap Heli.

Sementara itu dari hasil Musrenbang tersebut, terdapat 65 usulan. Antara lain 42 usulan pembangunan infrastruktur, 11 usulan perekonomian dan 12 usulan sosial budaya.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, mengatakan, program yang diusulkan harus berkesinambungan dengan kebijakan pemerintah pusat. Harapannya, program yang direncanakan tahun ini dapat berjalan dengan optimal.

“Dua tahun ini beberapa program tidak berjalan sesuai yang direncakan karena adanya pandemi. Saya harap kita sama-sama mengawal dan saling berkomunikasi untuk merealisasikan program-program yang direncanakan,” ucap Dewanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Musrenbangmusrenbang kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru