Jangan Sampai Terkena Azab Pedih, Hindari 3 Dosa Besar ini

Mar 05, 2022 11:49
Ilustrasi api neraka yang membakar mereka yang mengingkari Allah (pixabay)
Ilustrasi api neraka yang membakar mereka yang mengingkari Allah (pixabay)

JATIMTIMES - Sebagai makhluk ciptaan Allah, manusia haruslah patuh dalam menjalankan perintah Allah SWT, termasuk juga dalam menjauhi segala larangannya. Berkaitan itu, terdapat hadist yang mengungkapkan, terdapat tiga dosa besar yang benar-benar harus dihindari. 

Tiga dosa besar tersebut, yakni mempersekutukan Allah, durhaka kepada orang tua, dan janji palsu (kata-kata dusta). Hal itu dijelaskan dalam sebuah hadist, "Maukah kalian aku kasih berita tentang dosa apa yang paling besar. Para sahabat berkata, 'Tentu saja ya Rasulullah'. Rasulullah melanjutkan pembicaraannya, 'Mempersekutukan Allah, kemudian durhaka kepada orangtua," sebelumnya Rasulullah semi duduk, lalu duduk penuh dan berkata," (ketiga) janji dan kesaksian palsu." (HR. Bukhari, Muslim, dan Ahmad dari Abu Bakrah).

Akan tetapi, secara eksplisit, hadist ini lebih menekankan dosa yang ketiga, yakni janji palsu. Lantas mengapa demikian?. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW berkata, dosa pertama dan kedua, dalam posisi tengah berdiri dan bersandar. Setelah itu, beliau kemudian duduk dan mengatakan, "janji palsu", berulangkali.

Dosa pertama, yakni mempersekutukan Allah, merupakan dosa yang sangat berat. Mereka yang melakukannya tidak akan mendapat ampunan dari Allah. Hal ini sebagaimana firman-Nya, "Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kedzaliman yang besar," (QS Lukman ayat 13).

Dari Ibnu Mas'ud, Rasulullah mengatakan, bahwa dosa paling besar disisi Allah adalah menjadikan sesuatu sebagai tandingan-Nya, padahal engkau tahu bahwa Allah-lah yang menciptakanmu.

Durhaka kepada orang tua, merupakan dosa besar yang ditempatkan setalah dosa besar mempersekutukan Allah. Hal ini sangatlah berdasar. Sebab Al-Qur'an telah menegaskan jika berbakti kepada Allah selalu digandengkan dengan berbakti kepada kedua orang tua.

Dalam QS Lukaman 14, Allah berfirman, “Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu,". Selain itu, hal ini juga diperkuat dengan sebuah penjelasan lainnya, jika tujuan hidup manusia adalah untuk selalu beribadah kepada manusia dan juga berbakti kepada kedua orang tua. 

"Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan" (QS Lukman 15).

Dalam ayat tersebut turut menjelaskan, jika meskipun mereka (orang tua) mempersekutukan Allah, Allah tetap memerintahkan untuk tetap berbuat baik kepada keduanya. 

Dan dosa yang ketiga adalah Janji Palsu. Rasulullah mengulangi kata ini hingga tiga kali perkataan. Bahkan, menurut para ahli, perkataan dari Rasulullah yang berulang tersebut, menandakan jika dosa ini merupakan dosa yang sangat berbahaya. QS Al Hajj ayat 30, juga menjelaskan, perihal dosa tersebut. 

"Maka jauhilah olehmu berhala-berhala yang najis itu dan jauhilah perkataan-perkataan dusta.”

Surat Al Furq, juga menjelaskan, jika Allah menceritakan orang-orang yang mendapatkan berkah, salah satu kriterianya adalah orang-orang yang tidak pernah bersaksi dengan saksi-saksi palsu. 

Karena itu, dari sini bisa diambil kesimpulan, jika mengingkari janji termasuk dosa besar dan menunaikannya adalah perbuatan mulia. Janji palsu sendiri juga merupakan salah satu yang termasuk dalam kriteria munafik, selain berbicara dusta, khianat dan lari dari Medan pertempuran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
janji palsudosa besarperbuatan dosa besarRasulullah SAWdosa besar yang dibenciperbuatan dosadunia islam

Berita Lainnya

Berita

Terbaru