Promosi Kebudayaan, Disparta Kota Batu Gelar Wayang Kulit dan Tampilkan Kepala Kejari sebagai Dalang

Mar 05, 2022 08:35
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menyerahkan Gunungan kepada Kepala Kejaksaan Negerti Kota Batu sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang kulit di The Singhasari Resort, Jumat (4/3/2022). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menyerahkan Gunungan kepada Kepala Kejaksaan Negerti Kota Batu sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang kulit di The Singhasari Resort, Jumat (4/3/2022). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Promosi kebudayaan Kota Batu yang berlangsung di The Singhasari Resort mampu mencuri perhatian, Jumat (4/3/2022). Bagaimana tidak, sebuah pertunjukkan wayang kulit, dilakukan oleh dalang sosok pejabat di Kota Batu.

Sebuah pertunjukkan wayang kulit oleh dalang Kepala Kejaksaan Negeri Kota Batu Supriyanto menjadi penampilan pertama dan terakhir di tengah jabatannya di Kota Batu. Supriyanto mempersembahkan, pertunjukkan wayang kulit bertajuk “Ajining Bangsa Saka Luhurinh Budaya” dengan lakon Wahyu Makutharama.

Disparta-Kota-Batu-13a242d836a87af63.jpg

Lantaran dilakukan oleh sosok pejabat, sontak hal ini menjadi perhatian oleh para tamu undangan malam itu. Supriyanto mampu memberikan kontribusi untuk kebudayaan di Kota Batu.

Kepala Dinas Pariwisata Aried As Siddiq mengatakan, pertunjukkan kali ini merupakan kegiatan untuk mempromosikan kebudayaan di Kota Batu. Menariknya, pagelaran wayang kulit dilakukan oleh figur seorang pemimpin.

Disparta-Kota-Batu-2dc5a361a11163ffe.jpg

“Kebetulan sosok Kajari Kota Batu pernah belajar dalang, sempat latihan saat menempuh pendidikan sebelumnya,” kata Arief. 

Ini sekaligus sebuah branding kebudayaan wayang kulit yang ada di Kota Batu. “Pertunjukkan oleh Kajari Kota Batu berlangsung dua jam dengan alur konsep sedemikian rupa yang mampu mencuri perhatian undangan yang hadir saat itu,” ujar Arief.

Disparta-Kota-Batu-3c939200ec01c37ec.jpg

Hal ini pun juga membuat para tamu undangan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Kapolres Batu I Nyoman Yogi Hermawan, dan lainnya terkesima dengan kemahiran Supriyanto. Menurut Dewanti Kepala Kejaksaan Negeri Kota Batu telah banyak memberikan kontribusi diberbagai elemen masyarakat.

“Mulai dari seni budaya hingga pariwisata. Apalagi di akhir masa jabatannya ini telah memberikan suguhan kebudayaan wayang kulit,” ujar Dewanti.

Disparta-Kota-Batu-48d89a65a3653015c.jpg

Dewanti pun berharap nantinya sosok pengganti Supriyanto tidak jauh berbeda memberikan kontribusi dengan inovasi yang menarik ke depannya. “Semoga penggantinya nanti tidak kalah dengan pak Kajari (Supriyanto),” harap Dewanti.

Sementara itu, sebelum pagelaran wayang kulit itu dimulai, sebuah Tari Banteng Kepang karya Agus Susanto mampu menghibur para tamu undangan. Bagaimana tidak, beberapa kesenian digabungkan menjadi tarian yang apik.

Disparta-Kota-Batu-558626196ea616636.jpg

Gabungan dari kesenian bantengan, jaran kepang, ditampilkan menjadi sebuah tarian yang enak ditonton yang menarik perhatian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Disparta Kota Batuwayang kulitKesenian bantenganJaran KepangTari Banteng KepangWali Kota Batu Dewanti Rumpoko

Berita Lainnya

Berita

Terbaru