Hari Obesitas Sedunia, Sudahkah Berat Badan Ideal? Ini 6 Tipsnya

Mar 04, 2022 11:26
Ilustrasi obesitas. (iStockphoto)
Ilustrasi obesitas. (iStockphoto)

JATIMTIMES - Hari Obesitas Sedunia diperingati pada 4 Maret, sudah kah kalian memiliki berat badan yang ideal? Sebab dengan berat badan yang ideal bisa terhindar dari sejumlah penyakit berbahaya.

Beberapa cara supaya bisa menjaga berat badan di antaranya dengan berolahraga dan menjaga makan makanan sehat. Berikut beberapa tips agar berat badan tetap idel.

Berikut 5 tips menjaga berat badan ideal:

1. Tidur Cukup

Seorang praktisi kesehatan tidur dr. Andreas Prasadja, RPSGT mengungkapkan jika durasi tidur ideal adalah 7-9 jam sehari. Dengan waktu tidur yang cukup dan berkualitas maka bisa membantu menghilangkan lebih banyak kalori.

“Tubuh manusia memiliki irama sirkadian yang membentuk ritme tubuh. Jika seseorang kurang tidur, maka stabilitas tubuhnya akan terganggu, mulai dari kemampuan kognitif, daya tahan tubuh, kestabilan emosi hingga gangguan pada pencernaan dan metabolisme,” kata Andreas.

2. Berolahraga

Selain cukup tidur, cara menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas adalah melakukan olahraga secara rutin. Yakni dengan meningkatkan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari. Lakukan secara teratur 3-5 kali per minggu

3. Mengatur Asupan

Asupan yang masuk ke tubuh menjadi nilai penting lainnya untuk menjaga angka berat badan ideal. Konsumsi sayur dan buah minimal 5 porsi setiap harinya. Dan membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih.

4. Perhatikan Kesehatan Mental

Sebagian orang menjadikan makan sebagai pereda stress dan menjaga kesehatan mental. Namun di sisi lain, kebiasaan ini apabila dilakukan secara berlebihan dapat memicu terjadinya obesitas. Menurut Psikolog Klinis Dewasa Nago Tejena, M.Psi, menjaga kesehatan mental bisa dengan melakukan hal lainnya selain makan.

"Kesehatan mental perlu diperhatikan dan dijaga, misalnya dengan melakukan hobi, menjaga hubungan yang sehat dengan orang lain, berdamai dengan keadaan dan masih banyak lagi," ujar Nago Tejena.

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Perlu diketahui bahwa rokok dan alkohol juga menjadi faktor penyebab obesitas. Kemenkes menganjurkan untuk menghindari rokok dan alkohol yang dapat menyebabkan obesitas. Biasakan mengonsumsi makanan dan minuman sehat serta gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit.

6.Batasi Aktivitas

Dengan membatasi beberapa aktivitas seperti menonton televisi, bermain komputer, dan games mampu terhindar dari obesitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
cegah obesitasTips Sehathari obesitas sedunia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru