Sejumlah Program Sudah Disiapkan, Pemdes Sengguruh Berharap DD/ADD Segera Cair

Mar 03, 2022 19:01
Musyawarah Desa Sengguruh pengalokasian DD untuk BLT.(Foto: Istimewa).
Musyawarah Desa Sengguruh pengalokasian DD untuk BLT.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pemerintah Desa (Pemdes) Sengguruh telah menyusun sejumlah program dalam pemanfaatan dana desa dan alokasi dana desa (DD/ADD) pada tahun 2022 ini. Program-program tersebut telah disusun dan telah diajukan kepada perangkat daerah terkait sejak Februari lalu. Namun hingga saat ini pihaknya masih menunggu tahap pencairan DD dan ADD. 

Kepala Desa Sengguruh Jambury mengatakan, pada prinsipnya pemanfaatan DD pada tahun ini mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) 104 tahun 2021. Di mana di dalam Pasal 5 ayat 4, terdapat empat poin yang mengatur tentang persentase alokasi penggunaan dana desa.

Rinciannya yakni, program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai desa paling sedikit 40%, program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 2O%, dukungan pendanaan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) paling sedikit 8%, dari alokasi DD setiap desa dan program sektor prioritas lainnya sekitar 32%.

"Jadi kita mengelola DD kalau ditotal itu cuma 32 persen, yang bisa dialokasikan untuk aspirasi masyarakat lewat Musdes (Musyawarah Desa) dan RPJM (Rencana Pembangunan Jarak Menengah)," ujar Jambury. 

Namun begitu, pihaknya berupaya untuk tetap mengoptimalkan alokasi DD dan ADD yang diterima. Seperti alokasi DD yang diperuntukan untuk penguatan pangan dan hewani sebesar 20 persen dari pagu anggaran. 

"Kalau di kami, ada rencana untuk irigasi. Ada juga yang untuk pupuk. Tapi semacam (pupuk) yang organik atau kompos itu lho," imbuh Jambury. 

Sementara itu, pihaknya hingga saat ini juga masih menunggu DD dan ADD bisa segera cair. Dirinya juga masih belum tahu pasti berapa besaran DD dan ADD yang akan diterima Desa Sengguruh pada tahun 2022 ini. 

Hanya saja, di dalam penyusunan program untuk pengajuan pencairan DD dan ADD, pihaknya menggunakan acuan pagu pada tahun 2021. Di mana besaran DD yang diterima adalah sekitar Rp 710 juta, dan ADD sekitar Rp 465 juta. 

"Kan Perbup (Peraturan Bupati)-nya belum turun. Jadi alokasi, misalnya Desa Sengguruh berapa, Desa Bululawang berapa, itu kan berdasarkan Perbup," terangnya. 

Dirinya memperkirakan bahwa DD dan ADD tahun 2022 ini baru akan cair pada pertengahan Maret. Hal itu juga berdasarkan waktu pencairan di tahun-tahun sebelumnya. 

"Biasanya bulan tiga (Maret) ini. Kalau enggak minggu kedua ya minggu ketiga," imbuhnya. 

Dari informasi yang terima, hingga saat ini baru ada sekitar 36 desa se-Kabupaten Malang yang DD-nya sudah cair. Di sisi lain, dirinya berharap agar DD dan ADD setiap tahunnya bisa rutin dicairkan pada awal tahun, atau di bulan Januari. Sebab dari catatannya, pada akhir tahun, baku anggaran di setiap desa sudah keluar. 

"Sehingga bisa menyusun APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) tahun berikutnya bisa lebih cermat dan tepat," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pemdes sengguruhDana Desa Kabupaten Malangberita dana desa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru