SNMPTN 2022, UB Diminati 40.094 Siswa

Mar 02, 2022 19:20
Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Aulanni’am drh DES (Ist)
Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Aulanni’am drh DES (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Brawijaya (UB) menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang banyak diminati Pendaftar SNMPTN tahun 2022. Berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) jumlah peminat UB sebanyak 40.094 siswa dari seluruh Indonesia.

Dari jumlah tersebut, peminat saintek terbanyak Pertama adalah Prodi Kedokteran yaitu: 1.746 siswa, Kedua Program Studi Ilmu Keperawatan sejumlah 1.332 siswa dan ketiga Prodi Teknik Informatika dengan jumlah peminat 1.303 siswa.

Pada bidang Soshum, peminat terbanyak pertama adalah Progam Studi Ilmu Hukum sejumlah 1.625, Kedua Program studi Manajemen sebangak 1.569 dan yang ketiga adalah Program studi Ilmu Administrasi Bisnis sebanyak 1.141 peserta.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Aulanni’am DES mengatakan tahun ini kuota SNMPTN menjadi 20 persen. Hal ini lantaran UB telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH), sehingga kuotanya menjadi 20 persen.

Jika jumlah Maba 2022 nanti yang masuk diperkirakan sekitar 15.000an maka jumlah yang diterima lewat jalur SNMPTN kurang-lebih 3-000an mahasiswa," ujar Prof Aul.

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk SNMPTN dan SBMPTN semua mengelola dari LTMPT. UB hanya mengambil berdasarkan kuota yang ditentukan. Sehingga, dalam hal ini UB hanya menentukan sesuai dengan kuota masing-masing fakultas.

Dalam penerimaan SNMPTN, bukan hanya nilai akademik saja yang berpengaruh. Akan tetapi, prestasi dari mereka kakak kelas yang berada pada perguruan tinggi hang bersangkutan juga turut menjadi catatan dalam LTMPT.

Untuk diketahui, jika pendaftaran SNMPTN telah dimulai tanggal 14 sampai dengan 28 Februari 2022. Pengumuman SNMPTN akan di sampaikan pada tanggal 29 Maret 2022 Pukul 15.00 WIB. Pengumuman tersebut dapat diakses melalui website Selma.ub.ac.id,.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
SNMPTN 2022Universitas Brawijayaprof aulaulanni'am

Berita Lainnya

Berita

Terbaru